Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit

Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit

Jakarta – Maraknya berbagai modus kejahatan yang ada hubungannya dengan penggunaan kartu debit dan kartu kredit  menimbulkan keresahan di kalangan pengguna kedua kartu tersebut. Hal ini sangat wajar sebab di luar sana berbagai tindak kejahatan perbankan selalu berkembang dan semakin tinggi jumlahnya sepanjang tahun. Sejumlah modus kejahatan baru bahkan begitu mudah menyebar dan menjadikan siapa saja sebagai sasaran. Anda tentu tidak mengharapkan hal demikian terjadi, bukan?

Karena itu, selalu bersikap waspada adalah hal wajib yang patut Anda jalankan saat berurusan dengan penggunaan dan penyimpanan kartu debit serta kartu kredit. Beberapa cara seperti yang dikutip dari Cermati di bawah ini bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai tindak kejahatan semisal penipuan kartu debit dan kartu kredit.
1. Jangan Mudah Tergoda dengan Hadiah

Pemberian hadiah merupakan salah satu yang paling sering dijadikan sebagai alat ampuh oleh para pelaku kejahatan dalam mengelabui korbannya. Meskipun modus ini sudah dikenal sejak lama, tetap masih ada saja yang menjadi korbannya. Berbagai bentuk undian begitu gencarnya dipromosikan dan dijadikan sebagai umpan dalam mengelabui para pemegang kartu debit dan kartu kredit. Misalnya, undian yang dilakukan oleh yang mengaku sebagai bank penerbit kartu debit/kredit atau yang mengaku sebagai operator seluler. Apa pun jenis undian tersebut, hal tersebut pada dasarnya hanya tipuan semata. Tujuannya sudah jelas, yaitu mengincar sejumlah uang dari kartu debit atau kredit Anda.

2. Selalu Perbarui Informasi Terkini di Dunia Perbankan

Untuk menghindari berbagai godaan undian yang telah disebutkan di atas, sebaiknya Anda selalu mendapatkan informasi terkini di dunia perbankan. Setidaknya terkait dengan bank yang Anda gunakan saat ini. Dengan selalu memperbarui informasi secara teratur, Anda akan mengetahui dengan jelas undian apa saja yang diadakan bank.

Berbagai informasi terbaru yang didapatkan membantu Anda untuk mengetahui perkembangan dan berbagai modus kejahatan yang kerap menimpa nasabah pemegang kartu kredit dan kartu debit. Sebab biasanya bank akan menyajikan berbagai hal tersebut sebagai bentuk peringatan kepada nasabahnya.

Related Posts

News Update

Top News