Tips Memilih Harga Mobil Bekas yang Ramah Di Dompet

Tips Memilih Harga Mobil Bekas yang Ramah Di Dompet

Jakarta – Mobil merupakan kebutuhan tersier yang sebenarnya hanya untuk kesenangan pribadi, jadi mengganti dan membeli mobil baru bukanlah sebuah keharusan. Sebab, nilai mobil akan terus menurun bahkan sekalipun masih belum lama dimiliki oleh tangan pertama. Jadi, sebagian orang lebih memilih membeli mobil bekas, apalagi jika Anda butuh mobil dalam waktu dekat tetapi uang yang dimiliki tidak mencukupi untuk membeli yang baru. 

Tidak perlu memaksakan membeli mobil baru, jika keuangan yang Anda miliki belum stabil dan tabungan belum cukup, karena sekarang sudah banyak mobil bekas murah yang berkualitas asal Anda bisa mencarinya dengan cermat. Mobil bekas menjadi pilihan untuk orang yang memerlukan kendaraan pribadi tetapi memiliki budget tidak memadai.

Walau lebih ramah di dompet, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu agar tidak asal memilih mobil bekas. Misalnya, mencari tahu tempat di mana mobil pilihan Anda biasanya dijual, siapa penjualnya, seberapa tepercaya penjual tersebut, dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik November 2023, Mulai Rp189 Jutaan!

Berikut ini tips membeli mobil bekas agar Anda tidak menyesal:

1. Cari Informasi Mengenai Harga Mobil

Sebelum membeli mobil, sebaiknya cari informasi mengenai berapa harga mobil yang ingin dibeli, sehingga Anda bisa merencanakan skema pembayaran sejak awal dan tidak membebani keuangan. Jika membeli dengan cara kredit, perhatikan bunga yang dibebankan. Pastikan juga angsuran per bulannya tidak lebih dari 35 persen pemasukan bulanan.

2. Lakukan Survei Secara Langsung

    Survei bisa dilakukan dengan cara online maupun offline. Jika melihat secara online, pastikan untuk mengecek setiap spesifikasi mobil secara teliti. Survei offline bisa dilakukan dengan mendatangi dealer mobil offline, sehingga Anda dapat melihat langsung ketersediaan dan kondisi mobil. Dan saat mencari informasi, jangan lupa juga untuk mencari tahu identitas penjual atau dealer mobil bekas yang Anda pilih.

    3. Mengecek Eksterior dan Interior Mobil

      Bagi Anda yang melihat langsung ke tempat dealer mobil. Pastikan untuk mengecek Ekterior dan Interior mobil. Langkah pertama cek bodi mobil, lalu cek juga bagian suspensi, dan kemudian cek bagaimana kondisi ban. Selanjutnya, cek juga bagian kampas rem. Kampas rem yang bagus setidaknya masih memiliki ketebalan minimal sisa 1/4. Lalu untuk bagian dalam mobil atau interior, Anda harus memperhatikan kelengkapan dashboard mobil, lampu indikator mobil, persneling, setir mobil, jok mobil dan AC mobil.

      4. Periksa Kondisi Mesin

        Salah satu hal penting dalam tips membeli mobil bekas adalah memeriksa kondisi mesinnya. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh, misalnya kebocoran oli atau apakah ada komponen lainnya yang mengalami masalah. Perhatikan juga bagaimana suara yang keluar saat mesin mobil menyala, apakah halus atau kasar.

        5. Memeriksa Riwayat Service Kendaraan dan Kelengkapan Surat-Surat

          Hal yang tidak boleh dilupakan adalah memeriksa riwayat service kendaraan. Kalau usia mobil bekas masih tergolong muda, kita bisa mengecek apakah mobil rajin dirawat secara berkala di bengkel resmi. Dengan mengecek riwayat servis, kita bisa tahu servis apa saja atau komponen apa yang pernah diganti.

          Baca juga: Deretan Mobil Jadul yang Harganya Makin Mahal, Tembus Rp1,5 Miliar

          Selanjutnya memeriksa kelengkapan surat-surat. Pastikan mendapat BPKB dan STNK yang asli dan berkas tersebut atas nama asli pemiliknya agar lebih mudah saat mengurus balik nama.

            6. Melakukan Test Drive

            Salah satu hal penting yang perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas adalah melakukan test drive. Lakukan pengetesan dengan beragam kondisi jalan dan kecepatan. Rasakan juga bagaimana posisi duduk, respons pedal gas atau rem, ayunan suspensi saat melewati polisi tidur atau tanjakan, perpindahan transmisi, serta apakah mobil melaju dengan stabil atau tidak. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui kondisi mobil saat digunakan.

            Dengan melakukan pengecekan secara mendetail mengenai mobil yang Anda incar, mulai dari harga mobil, riwayat service, kelengkapan surat,  kondisi mobil, Eksterior dan Interior Mobil, serta melakukan test drive. Anda telah mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.  

              Related Posts

              News Update

              Top News