Tingkat Keterpakaian Tempat Tidur di 9 Provinsi Sudah Di Atas 70%

Tingkat Keterpakaian Tempat Tidur di 9 Provinsi Sudah Di Atas 70%

Jakarta – Tren angka peningkatan kasus aktif Covid 19 di Indonesia yang masih terjadi pada awal tahun menyebabkan angka keterpakaian tempat tidur (Bed Occupancy Rate) ikut meningkat. Menurut data Satgas Penanganan Covid-19, terdapat 9 provinsi yang angka keterpakaian tempat tidur rumah sakit rujukannya berada diatas 70%.

Dr. Dewi Nur Aisyah, Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19 mengungkapkan, standar WHO saat ini adalah dibawah 70%. Ia menyebut, mayoritas berada di pulau Jawa, yaitu, 6 dari 9 provinsi. 4 dari 9 sisanya berada di luar pulau Jawa.

“Kenaikan kasus aktif akan berimbas tinggi pada angka keterisian. Sebisa mungkin diusahakan untuk dibawah 70%. Ini adalah catatan dan peringatan bagi kita semua,” jelas Dewi dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, 20 Januari 2021.

Secara rinci, provinsi-provinsi yang angka keterisiannya diatas 70% adalah sebagai berikut. Provinsi Banten angka keterisian mencapai 87,42%, DKI Jakarta mencapai 86,70%, D.I. Yogyakarta mencapai 83,06%, Jawa Barat mencapai 77,89%, Jawa Timur mencapai 73,60%, Jawa Tengah mencapai 72,10%.

Kemudian, Dewi juga membagikan data provinsi yang memiliki angka keterisian tempat tidur diatas 50%. Provinsi-provinsi tersebut adalah, Bali, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, NTT, Kalimantan Tengah. Satgas meminta agar provinsi-provinsi ini berhati-hati dan mempersiapkan lonjakan kasus Covid-19. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News