Terungkap Pemilik Jet Pribadi yang Sering Ditumpangi Harvey Moeis, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Terungkap Pemilik Jet Pribadi yang Sering Ditumpangi Harvey Moeis, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Jakarta – Tersangka kasus dugaan tindak korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022, Harvey Moeis, rupanya bukan pemilik pesawat jet pribadi.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Harli Siregar mengatakan, pesawat berjenis challenger 605, dengan nomor register T-7 IDR yang terdaftar di San Marino merupakan milik Regal Matters Limited Ltd.

Regal Matters Limited Ltd sendiri menjalin kerja sama dengan PT Express Transportasi Antarbenua untuk pengoperasian pesawat tersebut.

“Jadi, pesawat yang dikaitkan dengan yang bersangkutan, setelah ditelusuri kepemilikannya bukan atas namanya, melainkan milik Regal Metters Ltd,” jelasnya, dikutip Jumat, 5 Juli 2024.

Baca juga: Daftar Kekayaan Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi yang Tersandung Dugaan Korupsi Timah Rp271 T

Harli menambahkan, berdasarkan hasil pemeriksaan penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Harvey Moeis dipastikan tak pernah tercatat melakukan pembelian pesawat jet pribadi tersebut.

Menariknya, hingga saat ini, suami dari artis Sandra Dewi itu tak pernah melakukan penyewaan terhadap pesawat jet ini. Diketahui, ayah dua anak ini tercatat sebanyak 32 kali menjadi penumpang.

“Yang bersangkutan juga tidak menyewa, statusnya tidak menyewa tapi dia hanya ada manifes itu, hanya penumpang,” bebernya.

Spesifikasi Pesawat Challenger 605

Melansir laman aircharterservice, Challenger 605 diperkenalkan di awal tahun 2006 sebagai avionik dan upgrade struktural dari desain 604, termasuk jendela lebih lebar dan tailcone bundar. 

Challenger 605 menawarkan pengalaman terbang luar biasa yang dapat menjangkau hingga 12 penumpang sekaligus. Dengan kabin yang sangat luas dan ruangan yang cukup untuk penumpang dan penyimpanan, Challenger 604 dan 605 menyediakan tempat yang sangat baik bagi bisnis, relaksasi, dan hiburan.

Baca juga: Intip Spesifikasi Pesawat yang Menewaskan Wapres Malawi Saulos Klaus Chilima

Dari sisi mesin, pesawat jet ini memiliki mesin General Electric CF34-3B, dengan total total output daya dorong 17,458 lbs. 

Ketika dikonfigurasi untuk kecepatan jelajah tercepat, Challenger 605 bisa mempertahankan kecepatan jelajah hingga 490 knots. 

Challenger 605 juga bisa terbang hingga ketinggian 41,000 kaki. Selain itu, file Challenger 605 memiliki rata-rata pembakaran bahan bakar setiap jam sebesar 329 Gallons per Hour (GPH). 

Harga Pesawat Challenger 605

Ihwal harganya, pesawat jet ini dibanderol 14,5 juta dolar AS atau setara dengan Rp271,8 miliar.

Sekedar informasi, mesti Harvey Moeis tidak menyewa secara pribadi challenger 605, namun harga sewa pesawat jet ini terbilang fantastis.

Melansir laman compareprivateplanes.com, kisaran tarif biaya yang diperlukan untuk menyewa sebuah jet pribadi dihitung per jam berdasarkan ukuran dan jarak tempuh.

Diperkirakan, pesawat jet pribadi ini masuk jenis large aircraft. Di mana, harga sewanya di Indonesia terbilang tidak murah, yakni US$15.900 atau setara Rp229,4 juta per jamnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News