Terapkan ESG, Bank Mandiri Kolaborasi dengan SELIS

Terapkan ESG, Bank Mandiri Kolaborasi dengan SELIS

Terapkan ESG, Bank Mandiri Kolaborasi dengan SELIS
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Energy, Social and Governance (ESG) saat ini telah menjadi faktor utama keberlanjutan bisnis secara jangka panjang khususnya di sektor industri. Faktor tersebut, turut diadopsi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menciptakan ekosistem bisnis dan ekonomi yang berkelanjutan.

Sebagai wujud komitmen menciptakan ekonomi berkelanjutan, Bank Mandiri berkolaborasi dengan PT Juara Bike (SELIS), perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan kendaraan ramah lingkungan berbasis sumber daya listrik (electric vehicle). Kolaborasi tersebut sekaligus menjadi dukungan Bank Mandiri terhadap Program Pemerintah dan Kementerian BUMN dalam Percepatan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik.

RCEO III/Jakarta 1 Bank Mandiri I Gede Raka Arimbawa mengatakan, di tahun 2023 Bank Mandiri Region III kawasan Kota Tua Jakarta akan mulai menggunakan kendaraan berbasis listrik. “Komitmen ini sejalan dengan Program Pemprov DKI Jakarta yang menjadikan kawasan Kota Tua sebagai kawasan pedestrian yang menerapkan kebijakan Low Emission Zone (LEZ),” terang Gede dalam keterangannya, Jumat, 20 Januari 2023.

Gede menambahkan, kerjasama ini turut menjadi bentuk dukungan Bank Mandiri yang merupakan salah satu anggota “First Movers on Sustainable Banking untuk mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emission Operasional di tahun 2030 dan Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 dan diharapkan, penggunaan kendaraan listrik dapat terus ditingkatkan di seluruh wilayah kerja Bank Mandiri.

“Bank Mandiri secara konsisten terus melanjutkan komitmen untuk menjadi Indonesia’s Sustainability Champion for Better Future. Salah satu targetnya yakni mengembangkan pembiayaan yang selaras dengan POJK 51/2017, Roadmap NDC/NZE Indonesia, serta framework ESG (Environmental, Social and Governance) yang mengacu pada best practices” imbuhnya.

Di samping itu, PT Juara Bike atau SELIS telah berdiri sejak tahun 2011 telah menjadi salah satu pioneer kendaraan listrik di Indonesia, dan telah mendapatkan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) tertinggi dengan nilai 53,69% di Industri Kendaraan sepeda dan motor listrik di Indonesia.

“Kami adalah pioneer produksi kendaraan listrik dan perusahaan kami juga telah bersertifikasi untuk melakukan konversi kendaraan bermotor menjadi kendaraan listrik berbasis baterai, sesuai dengan Instruksi Presiden no 7 Tahun 2022,” papar CEO PT Juara Bike Wilson Teoh.

Wilson menambahkan, kerjasama dengan Bank Mandiri sebagai bank terbesar sekaligus BUMN ini adalah langkah yang tepat. Sebabnya, kolaborasi ini menjadi momentum atau contoh bagi BUMN dan perusahaan lain untuk percepatan pengadaan kendaraan bermotor listrik dan menekan emisi karbon sesuai program pemerintah.

“Karena, mau sekarang atau besok, tidak hanya skala nasional, seluruh dunia menuju kendaraan bermotor listrik,” lanjutnya.

Seremonial kerjasama ini juga ditandai dengan penyerahan mobil listrik, sepeda, atau kendaraan ramah lingkungan Region III/Jakarta 1 untuk menunjang aktivitas bank seperti pooling cash, ekspedisi, antar jemput nasabah dan pegawai di beberapa jalur pedestrian, serta wilayah operasional lainnya di Area/Cabang.

Adapun, total kendaraan listrik yang diserahkan sebanyak 36 unit yang akan disalurkan ke 11 area di bawah koordinasi Bank Mandiri Region III yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Provinsi Banten, Tangerang hingga Cilegon.

“Dengan adanya kendaraan listrik ini, kami berharap bisa mendukung kelancaran operasional, mobilitas pegawai dan sekaligus mendukung program pemerintah dalam menekan emisi karbon,” pungkas Gede. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]