Tahun 2018 Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi Nasional

Tahun 2018 Jadi Momentum Perbaikan Ekonomi Nasional

Asian Development Bank Ramal Ekonomi Indonesia 5,3% di 2018
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta– Kinerja ekonomi Indonesia diprediksi akan semakin membaik pada tahun 2018. Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat seiring dengan pulihnya konsumsi rumah tangga dan peningkatan belanja pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Chief Economist Standart Chartered Bank Indonesia (Standart Chartered) Aldian Taloputra pada acara Diskusi Outlook Ekonomi 2018 di Hotel Mulia Senayan Jakarta.

“Tahun 2018 merupakan momentum untuk perbaikan ekonomi yang tumbuh lebih cepat. Dimana pertumbuhan ekonomi tahun 2018 diprediksi mencapai 5,2 persen dan tahun 2019 mendatang bisa mencapai 5,4 persen,” jelas Aldian pada acara Diskusi Outlook Ekonomi 2018 di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa 6 Februari 2018.

Baca juga: Tahun Politik 2018 Tak Akan Ganggu Stabilitas Ekonomi Nasional

Dirinya menjelaskan, perbaikan ekonomi pada tahun ini didorong oleh pertumbuhan yang merata di berbagai daerah dan juga peningkatan investasi swasta dimana beberapa faktor diantaranya kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Business (EoDB) yang semakin baik.

“Pertumbuhan tahun ini drivernya lebih ke investasi swasta misal reformasi struktural dan birokasi di bidang pemerintahan dan juga meningkatnya level EoDB kita yang mencapai 72 pada tahun ini, ini menjadi momentum kita,” tambah Aldian.

Selain itu, adanya pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) diangka 5,8 persen juga diklaim dapat mendongkrak angka pertumbuhan ekonomi pada tahun ini. Terlebih angka inflasi yang kian stabil.

“Sentimen positif dalam negeri juga terlihat dari inflasi yang terus terkendali di 3 persen YoY dan juga nilai tukar rupiah oleh karena itu, tahun ini harus menjadi momentum perbaikan ekonomi,” tutup Aldian. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]