Sri Mulyani: 45 Ribu Orang Terima Beasiswa LPDP Selama Era Jokowi

Sri Mulyani: 45 Ribu Orang Terima Beasiswa LPDP Selama Era Jokowi

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sebanyak 45.496 orang telah berhasil mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam periode satu dekade kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sri Mulyani mengatakan dana APBN juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dalam hal ini, membiayai peningkatan infrastruktur sekolah yang berkontribusi terhadap peningkatan partisipasi kasar dari seluruh jenjang pendidikan. 

Baca juga:Tolak Setop Sementara Dana LPDP, Komisi X DPR Usul Tambah Kouta Beasiswa

“Untuk pendidikan tinggi, APBN melalui pemupukan Dana Abadi Pendidikan telah memberikan Beasiswa LPDP kepada 45.496 putra-putri terbaik bangsa. Sehingga mereka mampu meraih pendidikan terbaik di berbagai universitas di dalam maupun di luar negeri,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kamis, 4 Juli 2024.

Adapun, Kementerian Keuangan mencatat akumulasi pendanaan riset LPDP hingga Mei 2024 sebanyak 2.946 proyek dengan nilai 2,70 triliun. 

Jumlah alumni per 31 Mei 2024 sebanyak 20.265 orang atau 66,55 persen bekerja di sektor publik dan 33,45 persen bekerja di sektor privat.

Baca juga: Sri Mulyani Klaim Inflasi RI Pasca Covid-19 Lebih Baik dari Negara Lain

Sebelumnya, Direktur Beasiswa LPDP Dwi Larso mengatakan, hingga akhir Januari 2024 total dana abadi pendidikan sebesar Rp 139,11 triliun.

Dia melanjutkan, dana abadi pendidikan masih sekitar Rp50 triliun pada 2020. Kenaikan hingga hampir tiga kali lipat ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan SDM Indonesia. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News