Selamat! Tedy Alamsyah Terpilih Sebagai Ketum Perbarindo 2022-2026

Selamat! Tedy Alamsyah Terpilih Sebagai Ketum Perbarindo 2022-2026

Jakarta – Tedy Alamsyah yang sebelumnya menjadi Wakil Ketua Umum DPP Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) sekarang telah sah menjadi Ketua Umum DPP Perbarindo melalui pemilihan secara aklamasi pada Musyawarah Nasional (Munas) XI Perbarindo 2022 yang dilangsungkan di The Alana Hotel & Convention Center, Jogja, 19-21 Oktober 2022. Tedy menggantikan posisi Joko Suyanto yang tidak mau mencalonkan kembali sebagai ketua umum. 

Menurut sejumlah DPD Perbarindo dan sejumlah direksi BPR yang mengikuti Munas Perbarindo di Yogyakarta dari tanggal 19-21 Oktober 2022 ini, Tedy merupakan sosok yang pas untuk melanjutkan kepemimpinannya. Alasannya, pertama Tedy sudah lebih dari 16 tahun sudah aktif di kepengurusan Perbarindo, baik DPD maupun DPP. Sementara Tedy sendiri juga bersedia diangkat sebagai ketua umum oleh peserta Munas.  

“Ibarat sudah naik pesawat, tentu tidak mungkin akan berhenti di tengah jalan, ya sudah karena dukungan temen-temen DPD, maka saya akan melanjutkan perjalanan yang sudah ditempuh oleh kepengurusan lama, dan tentu melanjutkan visi misi yang sudah baik dari kepengurusan Joko Suyanto,” ucap Tedy, di Yogyakarta, Kamis, 20 Oktober 2022. 

Di Perbarindo, Tedy bukanlah orang baru. Selama dua periode menjadi ketua DPD Perbarindo, Yogyakarta. Dua periode di kepengurusan DPP menjadi ketua bidang organisasi dan wakil ketua umum. Sementara sehari-hari Tedy merupakan Direktur Utama BPR Danagung Bekti, Yogyakarta. 

Sementara Joko Suyanto tidak mau calonkan lagi untuk periode 2022-2026. Menurut Joko Suyanto, Perbarindo perlu keberlanjutan dan kaderisasi, meski banyak peserta Munas Perbarindo yang dihadiri oleh 670 BPR se-Indonesia. Hal itu memungkinkan karena Joko Suyanto, selain tidak melanggar AD/ART Perbarindo, Joko dinilai berhasil membawa Perbarindo maju, selain posisi Perbarindo semakin baik dengan menjadi narasumber penting, baik di kalangan regulator, dan legislator dan dunia perbankan.

“Kaderisisasi penting untuk keberlanjutan organisasi yang lebih baik,” kata Joko Suyanto.

Selain itu, juga mampu berperan aktif dalam pengembangan kualitas organisasi dan SDM. Di samping itu, Perbarindo, sudah memiliki dua rumah Perbarindo yang dapat digunakan untuk kepentingan anggota. Misalnya, dalam pengembangan SDM BPR-BPR se Indonesia.

Munas Perbarindo ke-XI tahun 2022 ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dihadiri oleh direksi dan komisaris dari BPR seluruh Indonesia. Sebelum acara Sidang Munas ke XI ini, dilakukan saresehan nasional dengan Pembicara Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sejumlah Pembicara lainnya seperti Arief Budimanta (Staf Khusus Presiden), Aviliani (pengamat ekonomi), Nunung Nuryantono (FEB IPB), Rully Nuryanto (Kemenkop dan UMKM), M. Yusron (LPS).

“Insya Allah saya akan mengemban amanat ini, sudah tidak bisa berhenti di tengah jalan, karena sudah di atas pesawat dan tinggal melanjutkan perjuangan untuk kepentingan seluruh anggota. Tidak mudah tantangannya, tapi dengan dukungan dan kerjasama banyak pihak pasti akan lebih mudah dalam menjalankan organisasi yang penuh pengorbanan,” kata Tedy kepada Infobank. 

Berikut Susunan Pengurus Harian & Dewan Pengawas Perbarindo Masa Bakti 2022–2026

Dewan Pengawas

  1. Ketua Dewan pengawas: Joko Suyanto (BPR Nusamba Cepiring)
  2. Anggota Dewan Pengawas: Awet Abadi (BPR Eka Bumi Artha), Sofia Nurkrisna Jati (BPR Delta Artha), T. Jaya Tarigan (BPR Aditama Arta), Stevanus Yapto (BPR Artha Swasembada)

Pengurus Harian DPP

  1. Ketua Umum: Tedy Alamasyah (BPR Danagung Bakti)
  2. Wakil Ketua Umum: Riwandari Juniastuti (BPR Dana Multi Guna)
  3. Sekjen: Ascar Setiyono (BPR Chandra Muktiartha)
  4. Wakil Sekjen: Ahmad Ropik (BPR Nusamba Plered)
  5. Wakil Sekjen: Linda Sri Rejeki (BPR Rama Ganda)
  6. Bendahara Umum: Widhawati (Mekar Nugraha)
  7. Wakil Bendahara Umum: Jajang Herdiman (BPR Cibitung Tanjung Raya)
  8. Ketua Bidang Penelitian & Pengembangan: Tatang Herisman (BPR Danagung Karangampel)
  9. Ketua Bidang Hukum & Peraturan: Wahyu Eka Saputra (BPR Nusamba Tanjung Sari)
  10. Ketua Bidang Organisasi & Keanggotaan: I Gede Hartadi (BPR Sarikusuma Surya)
  11. Ketua Bidang Kelembagaan: Sujatno (BPR Pundi Artha)
  12. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri: Yeni Rustan (BPR Sentosa)
  13. Ketua Bidang Pendidikan: Zinsari (BPR Arta Damas Mandiri)
  14. Ketua Bidang Dana & Usaha: Agustina Thenu (BPR Anak Negri Papua)
  15. Ketua Bidang Hubungan Masyarakat: Evi Damayanti (BPR Ambarketawang Persada).

(*) Steven Widjaja

Related Posts

News Update

Top News