Segini Gaji Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons, Ternyata Lebih Kecil Dibanding di RI

Segini Gaji Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons, Ternyata Lebih Kecil Dibanding di RI

Jakarta – Bek timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam berhasil membawa Jeonnam Dragons menang telak atas pemuncak klasemen Busan Ipark dalam lanjutan K League 2 pekan ke-35.

Bertanding di Stadion Gwangyang, Minggu, 12 November 2023, klub Asnawi Mangkualam menang telak 3-0. Di pertandigan tersebut, Asnawi tampil apik selama 90 menit.

Performa Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons terus menanjak. Dia kerap jadi pilihan utama pelatih Jeonnam Dragons, Lee Jang-kwan

Performanya tersebut turut mendongkrak nilai transfer Asnawi. Namun, baru-baru ini Asnawi Mangkualam mengaku menerima gaji yang kecil di Liga 2 Korea Selatan tersebut.

Baca juga: Berikut Link dan Cara Beli Tiket Piala Dunia U-17 2023

Hal ini diungkapkan Asnawi Mangkualam dalam sebuah podcast bersama Mamat Alkatiri. Asnawi menceritakan bagaimana perbandingan dari Liga 1 dan saat ia pindah ke Ansan Greeners, klub divisi Liga 2 Korea Selatan.

Asnawi mengungkapkan bahwa gajinya terlalu kecil dan bahkan dirinya tidak mampu membayar cicilan rumahnya di Makassar. Kemudian Asnawi Mangkualam membandingkan dirinya bermain di PSM Makassar dan Ansan Greeners.

“Kalau di Indonesia 100, di Korea sekitar 30 atau 20,” ungkap Asnawi dilihat dari channel YouTube Mamat Alkatiri dikutip 13 November 2023.  

Kabar gaji tersebut dibenakan oleh pengurus klub Ansan Greeners Joo Chan Yong. Menurut dia, gaji miliaran rupiah yang diterima di PSM, bakal berubah saat memeperkuat Ansan Greeners.

“Asnawi Mangkualam menerima gaji miliaran di negaranya. Tapi, dia bersedia memotong gajinya untuk bermain di sini,” ucap Chan Yong dilansir situs lokal Korsel, Naversports.

Kini, sejak Januari 2023, Asnawi berlabuh ke Jeonnam Dragons. Kabarnya, dia menerima gaji lebih tinggi dibanding klub sebelumnya.

Dikutip dari Transfermarkt, Asnawi Mangkualam didatangkan dari Ansan ke Jeonnam dengan nilai Rp5,65 miliar. Sementara itu, Asnawi digaji Rp1 miliar per tahunnya.

Keputusan Asnawi Mangkualam hijrah ke Korea Selatan memang sempat ditentang oleh kedua orang tuanya. Bukan tanpa alasan, Haji Bahar, ayah Asnawi mengingatkan kondisi keuangan mereka.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Ballon d’Or 2023, Lionel Messi Berjaya Lagi!

“Awalnya tidak setuju ya, terutama tentang gaji pertama, gaji di Korea sangat kecil dibanding dengan di Indonesia, mungkin kalau saya bertahan di Indonesia saya bisa mendapatkan gaji tiga kali lipat dari di Ansan,” ujar Asnawi Mangkualam.

Meski demikian, Asnawi Mangkualam tetap ngotot untuk bermain di luar negeri yang sudah menjadi impiannya sejak kecil.

“Kaget juga bisa dapat kesempatan, soalnya yang kita tahu kan pemain Indonesia sangat sulit untuk mendapat kesempatan bermain di luar negeri,” tutup Asnawi. (*)

Related Posts

News Update

Top News