BI Proyeksikan Cetak Surplus Rp27,190 Triliun di Akhir 2023

BI Proyeksikan Cetak Surplus Rp27,190 Triliun di Akhir 2023

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyampaikan Anggaran Tahunan Bank Indonesia (ATBI) hingga September 2023 mencatatkan surplus Rp34,94 triliun dan di akhir tahun akan mencatatkan surplus mencapai Rp27,190 triliun.

“Sampai dengan September 2023 realisasi anggaran mencatakan surplus Rp34,944 triliun dan diprognosikan mencapai Rp27,190 triliun sampai dengan akhir tahun ini,” ujar Perry dalam dalam rapat kerja dengan Komisi XI di Gedung DPR, Senin 13 November 2023.

Baca juga: BI Pastikan Defisit Neraca Pembayaran Tak Pengaruhi Rupiah 

Perry menyebutkan bahwa prognosa capaian ini lebih baik dari rencana awal pada ATBI 2023 yang diperkirakan defisit Rp19,99 triliun. Ini dipengaruhi oleh prognosa anggaran kebijakan yang mencatat surplus Rp3,201 triliun.

“Dan prognosa anggaran oprasional yang surplus sebesar Rp23,989 triliun, khususnya ini dari upaya-upaya yang kami lakukan terus menerus,” jelas Perry.

Perry menambahkan bahwa snggaran kebijakan yang mencatatkan surplus dipengaruhi oleh optimalisasi penerimaan dari pengelolaan surat bergharga termasuk SBN dan realisasi bauran kebijakan.

“Antara lain terkait pembayaran jasa giro kepada pemerintah dan kebutuhan beban operasi moneter,” imbuhnya.

Baca juga: Instrumen Investasi SRBI Bakal jadi Saingan SBN? Begini Jawaban BI

Sementara itu, anggaran operasional yang mencatatkan surplus lebih tinggi dari rencana, dipengaruhi oleh peningkatan penerimaan pengelolaan cadangan devisa.

“Ini di dukung implementasi reformasi cadangan devisa dan pengaruh suku bunga global yang meningkat tinggi dari asumsi awal,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News