Sederet Aplikasi Absen untuk Pantau Karyawan dengan Akurat

Sederet Aplikasi Absen untuk Pantau Karyawan dengan Akurat

karyawan bekerja dari rumah
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Aplikasi absen saat ini bisa sangat membantu untuk mengecek kehadiran maupun ketidakhadiran karyawan. Aplikasi ini tentu menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk sekaligus mengontrol kinerja dari para karyawan. aplikasi atau software absen bisa memudahkan pihak perusahaan dalam mengontrol kehadiran karyawan saat work from home.

Software absen online merupakan perangkat lunak yang didesain untuk mencatat jam kehadiran karyawan yang datang saat bekerja. Jam atau waktu kehadiran tersebut akan tercatat secara otomatis pada software yang nantinya bisa diakses oleh pihak pengelola. Data pada software absen bisa diakses melalui smartphone maupun PC, tergantung software yang dipilih.

Untuk menggunakan software ini, karyawan hanya perlu mencantumkan username dan password, sehingga proses absensi jadi lebih cepat. absensi menggunakan software jelas lebih mudah jika dibandingkan dengan absensi biasa, karena lebih akurat. Selain itu, perangkat lunak ini juga

Rekomendasi Aplikasi Absen Akurat untuk Memantau Karyawan

Saat ini, Anda sudah bisa menemukan banyak jenis software absen online yang bisa diakses melalui smartphoneataupun PC. Selain itu, pilihan biayanya pun beragam, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Supaya tidak kebingungan saat memilih, berikut telah kami rangkum 7 rekomendasi aplikasi absensi akurat untuk memantau karyawan:

1. Talenta by Mekari

Menggunakan aplikasi Talenta by Mekari untuk mengelola absensi pada karyawan dapat memberikan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan. salah satunya yaitu dapat mengelola seluruh proses dalam presensi menjadi lebih efisien. Selain itu, perusahaan juga lebih menghemat biaya dikarenakan tidak lagi perlu untuk membeli media mesin fingerprint.

Terkadang menggunakan mesin tersebut masih saja bisa terjadi kesalahan pada saat mengolah data. Hal tersebut karena pada saat mengelola data absensi masih dilakukan dengan cara yang manual. Sehingga risiko kesalahan menginput data akan lebih besar.

Talenta by Mekari hadir dengan teknologi yang lebih canggih sehingga dapat mengelola absensi karyawan menjadi lebih cepat dan tepat. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan dashboard yang simple dan menarik. Meskipun sebagai pengguna baru, Anda bisa langsung paham akan konsep yang dimiliki aplikasi ini.

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, Anda sudah bisa melakukan berbagai hal terkait dengan karyawan. Misalnya dengan pengaturan jadwal kerja, mengelola administrasi perusahaan, mengelola absensi karyawan hingga pembuatan laporan-laporan penting.

Keunggulan lainnya yaitu aplikasi ini menyajikan seluruh data secara real time. Artinya seluruh laporan terbaru akan secara otomatis ter-update. Sehingga, Anda bisa selalu mengontrol kehadiran karyawan sewaktu-waktu.

2. Time Clock By Homebase

Aplikasi absen Time Clock By Homebase menyediakan fitur-fitur krusial yang memberikan benefit kepada para pengguna. Guna mewujudkan sistem absen yang super praktis, platform ini berusaha menjadi jawaban atas persoalan tersebut. Bisa diakses secara gratis, membuat efisiensi perusahaan bisa dilakukan apabila menggunakan sistem absen digital dari aplikasi Time Clock By Homebase.

Waktu absen akan terekam secara real time. Sehingga, yang terlambat dapat diketahui secara cepat. Yang juga menarik, keunggulan fitur tidak hanya terletak pada bagian absensi. Melainkan, tersedia pula berbagai fitur lain yang juga siap mengefektifkan operasional administrasi perusahaan.

Di antaranya, fitur pengaturan gaji, penjadwalan rekrutmen, serta lain-lain. Berangkat dari lengkapnya fitur, manakala ingin mengakses semua tanpa batas dapat mengaktifkan paket premium. Opsi pilihan paket yang tersedia menjadikan para user leluasa memilih.

Tentu beda paket, beda pula benefit yang bisa didapatkan. Untuk itu, alangkah baiknya memilih jenis paket yang pas juga balance antara benefit yang bisa diterima dengan harga yang harus dibayarkan.

3. Wifi Attendance

Aplikasi absen Wifi Attendance memanfaatkan jaringan wifi berupa internet nirkabel guna pengelolaan sistem absen di dalamnya. Berlangsung secara online, aplikasi ini memungkinkan perekaman absen secara real time saat itu juga.

Karena itu, yang terekam pada absen bisa merepresentasikan waktu yang sesuai seperti ketika absen itu dilakukan. Dalam artian, tidak lebih atau kurang satu menit pun. Di samping itu, tampilan yang sederhana menjadikan siapapun dapat mengoperasikannya secara mudah.

Cukup beberapa saat, user cenderung akan langsung memahami bagaimana operasi kinerja aplikasi. Hal ini mendorong efektivitas waktu lantaran pemahaman terhadap kinerja aplikasi yang cepat. Tergolong simple, Wifi Attendance belum dilengkapi oleh fitur absen menggunakan selfie.

4. Ckz Time Clock

Aplikasi absen Ckz Time Clock hadir sebagai software pelacak waktu yang bisa dipakai secara maksimal untuk absen. Manakala membutuhkan sistem absen digital terintegrasi yang telah terjamin keamanannya, bisa menggunakan aplikasi ini.

Tidak dilingkupi oleh tampilan yang rumit, membuat pengoperasian bisa berlangsung secara cepat. Fitur perekam kehadiran yang tersedia mampu menjadikan sistem absen perusahaan semakin efektif.

Absen manual rasanya kurang mempresentasikan waktu absensi karyawan secara real time. Akan tetapi, dengan hadirnya aplikasi Ckz Time Clock, menjadikan absen itu bisa berjalan secara lebih praktis.

Apalagi dengan dukungan berbagai fitur lain terkait yang juga bermanfaat. Meliputi, payroll dan pemantauan karyawan secara real time. Eksistensi fitur-fitur yang lengkap sedemikian rupa menjadikan aplikasi bisa digunakan secara optimal tanpa terkecuali.

5. When I Work Employe Scheduling

Aplikasi absen When I Work Employee Scheduling menawarkan layanan bersifat gratis untuk absensi karyawan. Mengingat operasi sistem yang cenderung sederhana, aplikasi ini tepat sekali digunakan untuk bisnis berskala kecil hingga menengah.

Pada versi gratis, aplikasi sistem hanya bisa dipakai untuk mewadahi 75 karyawan. Jika jumlahnya melebihi kapasitas, maka akan ada beban biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna. Hal ini tentu bukan masalah lantaran kualitas fitur andalan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Selain absen, masih ada pula aneka fitur lain yang juga recommended dipakai. Misal, pengaturan jam shifting, pengelolaan jam lembur karyawan, serta lainnya terkait. Pastinya fitur-fitur yang tersedia itu siap memudahkan para pengguna dalam mengurusi persoalan absensi.

6. Clockify

Aplikasi absen Clockify dapat diakses secara gratis. Pengelolaan terhadap administrasi karyawan, termasuk masalah absensi bisa diselesaikan anti sulit di sini. Jumlah karyawan pun dapat diatur secara mudah. Begitupun dengan pemantauan lewat absensi.

Secara real time, aplikasi dapat merekam kapan pihak karyawan itu melangsungkan absensi. Waktu yang terekam adalah saat itu juga. Yakni, ketika karyawan melakukan absen. Dengan kata lain, pas sesuai kondisi riil tidak lebih maupun kurang.

Dapat diketahui secara langsung manakala ada yang terlambat. Berbeda dengan absensi jenis manual yang cenderung berbelit-belit, aplikasi ini siap menjawab kebutuhan absensi melalui terobosan kredibel yang dapat dipertanggungjawabkan.

7. TimeTac

Penggunaan aplikasi TimeTac menjadikan sistem absensi bisa terintegrasi pada satu platform. Tidak seperti absen manual yang cenderung ribet, akses terhadap aplikasi bisa dilaksanakan langsung seketika dibutuhkan. Lengkapnya fitur juga menjadi aspek kelebihan tersendiri dari TimeTac. Akses secara gratis dimungkinkan, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya guna mengakses aplikasi.

Sistem yang terintegrasi menjadikan pencatatan administrasi absensi dapat dijalankan secara maksimal. Pengelolaannya pun cenderung lebih praktis dibandingkan harus mengecek absen manual satu per satu.

Lewat penggunaan aplikasi untuk absen yang terpercaya, keamanan data pastinya juga akan terjamin sepenuhnya. Dalam artian, tidak ada kebocoran data krusial perusahaan utamanya mengenai absensi karyawan. Sehingga, pemakaian bisa dijalankan secara nyaman.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi absen

Secara umum, software absen terbukti bisa memberikan keuntungan bagi Anda, baik dari segi waktu, biaya, dan keakuratan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengetahui lebih rinci perihal keuntungan yang bisa didapat. Berikut ulasan lengkapnya:

● Waktu Lebih Akurat

Aplikasi absen umumnya telah terhubung dengan smartphone maupun PC yang memiliki pengaturan waktu otomatis. Dengan begitu, waktu yang tercatat saat absensi jadi lebih akurat, karena sistem berjalan secara otomatis. Waktu yang tertera pada smartphone umumnya sudah disesuaikan dengan waktu global, sehingga dipastikan sama dengan  perangkat absensi di kantor.

● Lebih Efisien dan Cepat

Sistem absensi manual menggunakan kertas lebih rentan terhadap kecurangan, karena karyawan lain bisa saja menggunakan sistem “titip absen”. Hal tersebut tentu sangat merugikan Anda sebagai pengelola perusahaan karena karyawan bisa tetap menikmati gaji meski tidak bekerja. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk absensi secara online.

Aplikasi juga umumnya telah dilengkapi dengan fitur geo tagging yang membuat keakuratannya lebih terjamin. Selain itu, proses absensi online dinilai lebih cepat dan mudah, karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja melalui perangkat apapun. Bahkan saat meeting pun Anda tetap bisa melakukan absen.

● Biaya Lebih Efisien

Jika menggunakan sistem manual menggunakan kertas maupun mesin, tentu biaya yang harus dikeluarkan akan cukup besar. apalagi jika Anda memiliki karyawan dalam jumlah yang cukup banyak, tentu peralatan tersebut harus banyak.

Akan tetapi, jika menggunakan aplikasi, semua bisa dilakukan dengan lebih murah dan efisien. Anda hanya perlu meminta karyawan mengunduh aplikasi yang digunakan, dan proses absensi pun bisa dilakukan dengan lancar. selain itu, tidak ada keributan karena harus mengantri mesin fingerprint, sehingga kondisi tempat usaha jadi lebih kondusif.

● Rekapitulasi Lebih Mudah

Selain lebih hemat biaya, penggunaan aplikasi absen juga bisa menguntungkan perusahaan saat merekap data. Cara manual tentu cukup menyulitkan, karena tim HR harus menghitung semuanya satu per satu. Namun dengan sistem online, semua data bisa terhitung secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu lagi menghitung banyak data.

Dengan begitu, waktu dan tenaga jadi lebih hemat. Jika ingin melihat data tersebut, Anda bisa langsung mengakses aplikasi, sehingga jadi lebih cepat. selain itu, data tersebut telah tersimpan secara otomatis ke perangkat, sehingga bisa meminimalisir risiko hilang atau tertukar. Risiko human error saat pengisian data juga bisa lebih berkurang.

● Karyawan Lebih Produktif

Selain memberikan manfaat bagi perusahaan, aplikasi untuk absen online ini juga bisa memberikan keuntungan bagi para karyawan. salah satunya adalah lebih mudahnya proses meminta cuti. Anda bisa mengajukan permohonan untuk cuti melalui smartphone saat berada dimana saja.

Demikian informasi mengenai aplikasi absen online. Supaya proses absensi karyawan bisa berjalan lebih cepat, Anda sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi ini. selain membuat proses lebih cepat dan mudah, aplikasi ini juga bisa membantu Anda dalam menghemat biaya operasional. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]