Searce dan Ayoconnect Sinergi, Pacu Akselerasi Inklusi Keuangan dan Ekosistem Digital RI

Searce dan Ayoconnect Sinergi, Pacu Akselerasi Inklusi Keuangan dan Ekosistem Digital RI

Jakarta – Searce perusahaan konsultan teknologi yang berfokus pada solusi cloud, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dan analitik data berkolaboradi dengan Ayoconnect, perusahaan platform Open Finance terbesar di Asia Tenggara. Kerja sama ini bertujuan untuk mempercepat akselerasi digitalisasi perbankan di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Application Programming Interface (API).

Kemitraan ini hadir sebagai bagian dari strategi Searce untuk menjadi konsultan teknologi TI terdepan untuk membantu berbagai jenis bisnis menuju modernisasi dan meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.

Penggabungan kedua pengalaman dan keahlian, Searce dan Ayoconnect, akan membantu lembaga keuangan, perusahaan rintisan (startup) dan bisnis meluncurkan produk layanan digital baru dengan cepat serta membuka lebar akses keuangan untuk pencapaian target 90% inklusi keuangan pada tahun 2024 di Indonesia.

Benedikta Satya Country Director Searce di Indonesia mengatakan, gelombang baru disrupsi digital mendorong perusahaan untuk berinovasi lebih cepat dan mendukung pelanggan dengan lebih baik. Searce telah mengambil porsi penting di dalam perjalanan digital transformasi Ayoconnect untuk menghadirkan produk keuangan digital dalam format standar bisnis di seluruh Asia Tenggara.

“Teknologi modern yang muncul seperti cloud dan analisa big data dapat memberikan ketepatan informasi lapangan dan integrasi data yang akan membantu Ayoconnect meningkatkan kualitas produk dan layanan, memiliki sistem berkelanjutan dan mencapai peningkatan kinerja bisnis yang signifikan untuk mendukung lebih dari 200 perusahaan pengguna API Ayoconnect,” ujar Benedikta, Selasa, 11 Oktober 2022.

Transformasi bisnis ini, akan mengukuhkan serta mempercepat pertumbuhan industri teknologi cloud di Indonesia. Diprediksi akan mendukung nilai pasar ekonomi digital Indonesia menjadi senilai US$146 miliar pada tahun 2025 mendatang.

Lebih lanjut, Open Banking API telah menjadi salah satu faktor keberhasilan strategis untuk model bisnis transaksi digital di sektor keuangan. Sehingga ke depannya dapat tercipta ekosistem digital, kolaborasi, berbagi data dengan tetap memperhatikan prinsip adopsi teknologi yang bertanggung jawab.

Inovasi solusi Ayoconnect dengan dukungan Apigee API Management merupakan bagian dari Google Cloud Platform (GCP). Teknologi ini, dapat merancang, mengamankan, dan menskalakan berbagai infrastruktur finansial berbasis API dalam waktu singkat. Kini, Ayoconnect dapat mendukung layanan sebanyak 1.000 kali lipat dalam hit API dibandingkan dengan iterasi B2C sebelumnya dan dapat mengurangi beban team DevOps, hingga dapat meningkatkan efisiensi sampai 70%.

“Pentingnya transformasi di bidang perbankan membuat kami untuk terus berinovasi dalam menyediakan solusi–solusi terbaik. Untuk itu, kolaborasi dengan Searce merupakan hal penting dalam pertumbuhan bisnis kami demi membantu digitalisasi transaksi keuangan dengan mengadopsi transformasi digital dengan lebih baik serta tepat pakai,” jelas Adi Vora, Co-Founder dan CPTO, Ayoconnect.

Sinergi Searce dan Ayoconnect akan siap memperluas pasar dan berfokus pada perusahaan yang bergerak di sektor perbankan, migas dan manufaktur. Initiatif ini juga dapat membuka lapangan kerja bagi generasi muda dan juga untuk mendukung Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 (BSPI 2025). (*) Irawati

Related Posts

News Update

Top News