Ketidakpastian Geopolitik, Jokowi Sebut Ekonomi RI Masih Kuat dan Terbaik 

Ketidakpastian Geopolitik, Jokowi Sebut Ekonomi RI Masih Kuat dan Terbaik 

Ketidakpastian Geopolitik, Jokowi Sebut Ekonomi RI Masih Kuat dan Terbaik 
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Akibat dari perang Rusia dan Ukraina telah menyebabkan ketidakpastiaan geopolitik yang berkepanjangan. Namun, dalam hal ini Indonesia masih mampu mengendalikan pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan suku bunga yang masih terjaga.

“Inilah yang sering disampaikan membayar harga dari sebuah perang, harganya sangat mahal sekali tetapi dengan ketidakpastiaan, kita harus tetap optimis, harus optimis tetapi hati-hati dan waspada,” ucap Presiden Joko Widodo dalam BNI Investor Daily Summit 2022 di Jakarta, 11 Oktober 2022.

Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II masih termasuk yang terbaik di dunia pada level 5,44%.

“Sekarang ini inflasi Argentina 83,5% dengan kenaikan suku bunga sudah 3700 bsp, kita inflasi 5,9% dengan perubahan suku bunga di 75 bps artinya moneter kita masih pada posisi yang bisa kita kendalikan,” imbuhnya.

Hal tersebut dapat tercapai karena adanya kesinambungan antara Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dan Kementerian Keuangan, sehingga dapat mewujudkan kebijakan fiskal dan moneter yang mampu berjalan beriringan.

Kemudian untuk meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat, pemerintah juga telah memberikan bantuan sosial berupa kompensasi dan subsidi sebesar Rp502,6 triliun untuk menjaga daya beli masyarakat.

Adapun, dalam pengendalian inflasi, pemerintah tidak hanya bergantung pada kenaikan suku bunga tetapi juga melakukan praktik langsung ke sumbernya untuk melakukan evaluasi terkait dengan kenaikan harga barang dan jasa. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]