Satgas Covid-19 Catat Penambahan 4.094 Kasus

Satgas Covid-19 Catat Penambahan 4.094 Kasus

Jakarta – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas Covid-19) mencatatkan adanya penambahan kasus covid-19 sebanyak 4.094 kasus pada data terbaru sore hari ini (9/10).

Dikutip dari laman covid19.go.id. total kasus aktif berjumlah 65.314 kasus. Sementara bila dilihat secara kumulatif nasional jumlah kasus konfirmasi positif mencapai 324.5658 kasus.

Sementara itu, untuk jumlah pasien sembuh bertambah 3.607 orang sehingga total pasien sembuh ada 247.667 orang atau setara dengan 76,3% dari total komulatif. Sedangkan pasien yang meninggal pada hari ini (9/10) bertambah 97 orang, sehingga total ada 11.677 pasien Covid-19 yang meninggal atau setara dengan 3,6% dari total komulatif.

Satgas Covid-19 terus senantiasa mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.  Dokter Spesialis Paru-paru RS Siloam ASRI Jakarta dr. Maydie Esfandiari, Sp.P menjelaskan bagaimana proses virus corona masuk ke dalam tubuh.  

dr. Maydie menjelaskan bila seorang pasien terkonfirmasi Covid-19 batuk dan tidak menggunakan masker maka droplet itu yang menimbulkan penularan. Cara penularannya itu sendiri bisa melalui saluran pernafasan saat orang menghirup udara.

Untuk orang yang memakai masker secara tidak benar berpotensi terpapar. “Orang yang memakai masker secara tidak benar, di bawah hidung atau di dagu, dapat menyebabkan terjadi penularan,” ujar dr. Maydie.  

Atau bisa juga melalui kasus lain pada droplet yang jatuh ke permukaan benda yang kemudian tersentuh atau dipegang tangan. Tanpa disadari tangan mengusap wajah atau mata sehingga virus itu masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu dirinya mengimbau masyarakat untuk selalu memakai masker. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News