Samsung Bakal PHK Besar-besaran, 30 Persen Karyawan Internasional Terdampak

Samsung Bakal PHK Besar-besaran, 30 Persen Karyawan Internasional Terdampak

Jakarta – Samsung Elektronics berencana memangkas hingga 30 persen karyawan di beberapa divisi internasional. Rencana PHK tersebut bakal dilaksanakan pada akhir 2024.

Langkah PHK terhadap karyawan bukan tanpa alasan. Dalam sebuah pernyataan dinukil Reuters, Kamis (12/9), Samsung mengatakan PHK ini lantaran adanya penyesuaian tenaga kerja yang dilakukan di beberapa operasi luar negeri secara rutin.

Hal ini ditujukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Meski dikatakan tidak ada target khusus untuk rencana tersebut, dan rencana ini juga diklaim tidak berdampak pada staf produksinya.

Baca juga : Angkasa Pura I dan II Resmi Merger, Erick Pastikan Tak Ada PHK Karyawan

Samsung sendiri telah menginstruksikan anak perusahaannya di seluruh dunia untuk memangkas staf penjualan dan pemasaran hingga 15 persen, dan staf administrasi mencapai 30 persen.

Rencana pemangkasan tersebut diperkirakan akan berdampak pada karyawan di seluruh Amerika, Eropa ,Asia hingga Afrika.

Baca juga : 46.240 Pekerja Kena PHK, Terbanyak dari Industri Ini

Saat ini, Samsung telah mempekerjakan total 267.800 orang pada akhir 2023, dan lebih dari separuhnya atau sekitar 147.000 karyawan berkantor di luar negeri.

Adapun Manufaktur dan pengembangan mendominasi sebagian besar pekerjaan tersebut, staf penjualan dan pemasaran berjumlah 25.100. Sementara 27.800 orang bekerja di bidang lain. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News