Puan Ungkap 5 Kandidat Cawapres Ganjar di Pilpres 2024, Siapa Saja?  

Puan Ungkap 5 Kandidat Cawapres Ganjar di Pilpres 2024, Siapa Saja?  

Jakarta – Bursa calon wakil presiden (cawapres) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin memanas. Terbaru, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memberikan bocoran bakal cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani. Dia menyebut bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo telah mengerucut menjadi 5 nama.

Mulai dari sosok Menparekraf Sandiaga Uno hingga Ketua Umum Partai Kebangkinan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) digadang-gadang bakal mendampingi Ganjar.

“Sekarang sudah mengerecut 5, salah satunya Cak Imin,” kata Puan di acara Syukuran 1 Abad NU 25 Tahun PKB Melayani Indonesia beberapa waktu lalu, dikutip 25 Juli 2023.

Baca juga: Dua Sosok Ini Punya Kans jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Selain Sandiaga Uno dan Cak Imin, ada pula nama Menteri BUMN Erick Thohir, dan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Menariknya, ada nama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga masuk radar untuk menjadi cawapres Ganjar.

“Pak Sandiaga, Pak Erick Thohir, Pak Andika, Mas AHY, Cak Imin,” beber Puan.

Kriteria Cawapres Ganjar

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengutarakan soal kriteria cawapres Ganjar. Menurutnya, sosok yang akan mendampingi Ganjar nantinya harus memenuhi kriteria yang ditentukan.

“Sosok yang punya kemampuan profesional, kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi tema Rakernas PDI-P, yaitu fakir miskin dipelihara negara,” jelas Hasto belum lama ini.

Masih menurutnya, cawapres Ganjar akan diumumkan setelah partainya berkomunikasi dengan partai koalisi pendukung Ganjar.

“September, tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum mengumuman calon dari wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan dengan bapak Presiden Jokowi,” kata Hasto.

Baca juga: Gubernur Khofifah Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan

Menurut pria berkacamata ini, PDIP saat ini tengah menggodok nama-nama yang yang masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar. Prosesnya akan memakan waktu hingga dua bulan ke depan (Juli – Agustus 2023).

“Bulan Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan dan kemudian akan dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral. Jadi, kita tunggu momentum yang tepat,” tutup Hasto. (*)

Related Posts

News Update

Top News