Keuangan

Potensi Ekonomi Digital RI Menjanjikan, Tapi Literasi Masih Rendah

Jakarta – Potensi ekonomi keuangan digital di Indonesia semakin berkembang pesat. Direktur Pemasaran, Komunikasi, dan Pengembangan Masyarakat Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), Abynprima Rizki menyebutkan, mengacu pada data data South East Asia Google, Temasek, and Bain & Company bahwa nilai ekonomi digital di Indonesia sudah mencapai USD220 miliar.

“Dan akan mencapai USD390 miliar di tahun 2030. Itu artinya memang bahwa potensi ekonomi keuangan digital sangatlah luas,” ujar Abynprima dalam konferensi pers Open Finance Summit 2023, Rabu 21 Juni 2023.

Lebih lanjut, AFTECH dengan lebih dari 340 anggota dan lebih dari 25 bisnis model, tentunya sangat mendukung berbagai inovasi layanan keuangan. Dia berharap, bagi semua pelaku industri jasa keuangan untuk dapat berkolaborasi dalam meningkatkan daya saing.

“Sinergi antar industri dari mulai perbankan dan layanan keuangan lainnya untuk memberikan layanan open API kepada masyarakat. Jadi mudah-mudahan Open Finance Summit ini dapat berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik lagi,” katanya.

Baca juga: Open Finance Summit 2023 Dorong Inovasi Industri Jasa Keuangan

Meski demikian, Abyn mengungkapkan tantangan bagi ekonomi keuangan digital di Indonesia. Di mana indeks inklusi dan literasi keuangan masih sebesar 85,10% dan 49,68%, gap ini yang menjadi tantangan bersama pelaku industri keuangan.

“Kita sinergi dan kolaborasi termasuk dalam kegiatan ini Open Finance Summit dan kegaiatan-kegiatan lainnya dalam meningkatkan edukasi dan literasi bagi masyarakat. Terpenting adalah dalam meningkatkan keuangan digital khususnya fintech adalah bagaimana kita menjaga digital trust,” jelasnya.

Sehingga, AFTECH terus mendorong GRC atau tata kelola anggotanya untuk dapat memenuhi mandatory bagi seluruh perusahan fintech di Indonesia.

“Soal cyber security, pemakaian payment gateway semua standarisasi tata kelola perusahaan anggota AFTECH betul-betul kita perhatikan. Kita disini juga memiliki struktur organisasi lengkap untuk mendapat melihat market conduct yang dilakukan seluruh pelaku indutri fintech di Tanah Air. Termasuk AFTECHdalam mengambil peran untuk terus mengawasi, memonitor, mendorong sinergi dan kolaborasi seluruh pelaku industri,” ungkapnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Irawati

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

1 min ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

41 mins ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

54 mins ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

1 hour ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

2 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

3 hours ago