Open Finance Summit 2023 Dorong Inovasi Industri Jasa Keuangan

Open Finance Summit 2023 Dorong Inovasi Industri Jasa Keuangan

Jakarta – Open Finance Summit 2023 resmi diselenggarakan hari ini (21/6) dengan mengusung tema “Unlocking the Next Era of Financial Services” (Menghadirkan Era Baru Layanan Keuangan). Acara ini berkomitmen untuk mendorong perkembangan di industri jasa keuangan di Indonesia melalui diskusi mengenai berbagai inovasi dari industri Open Finance

Chiragh Kirpalani, Founder & Chief Operating Officer Ayoconnect mengatakan, bahwa open finance memiliki peran strategis dalam digitalisasi di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Beragam sektor termasuk industri keuangan, serta konsumen yang semakin cerdas, membutuhkan kenyamanan melalui layanan digital.

Open Finance memungkinkan rangkaian produk dan layanan keuangan yang jauh lebih besar dengan penawaran yang lebih fleksibel, solusi pembayaran yang efisien, dan yang paling penting, layanan alternatif untuk pasar yang kurang terlayani (unbankable population),” ujar Chiragh, Rabu, 21 Juni 2023.

Baca juga: Bos OJK Ungkap Tiap Tahun Investasi Bodong Rugikan Masyarakat hingga Rp5 T

Navin Jain, President Director, PT Mastercard Indonesia menambahkan, saat ini konsumen menggunakan beberapa penyedia layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Ini juga berlaku untuk layanan keuangan. Open finance menghubungkan semua pihak dan menempatkan bisnis dan konsumen sebagai fokus utama dalam penggunaan data keuangan mereka.

Dampaknya adalah pengalaman konsumen yang lebih kaya dan konsisten, serta ekosistem keuangan dan digital yang lebih inklusif, yang menjadi fokus Mastercard untuk membangun pengalaman ini untuk semua orang, di mana pun mereka berada.

“Mastercard berkomitmen untuk mendukung inisiatif open finance yang dipimpin oleh industri dan membantu berbagai organisasi dengan memberdayakan mereka melalui platform open banking, solusi agregasi data, dan kemitraan seperti yang terjadi di Indonesia dengan Ayoconnect,” kata Navin.

Baca juga: Gandeng Searce, Kredivo Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital Tanah Air

Director of Communication and Community Development AFTECH, Abynprima Rizki menyebutkan pihaknya sebagai asosiasi mendukung penuh dengan acara ini dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

“Kami sangat mendukung penuh, mudah-mudahan bisa memberikan insightdan menjadi wadah kolaborasi bagi semua pelaku di industri jasa keuangan untuk bersama-sama meningkatkan daya saing, kemudian bersinergi dan berkolaborasi,” ujar Abynprima. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News