Portofolio investasi Saratoga Tumbuh 26%

Portofolio investasi Saratoga Tumbuh 26%

Jakarta – Portofolio investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (Saratoga) berhasil tumbuh sebesar 26% dari Rp13,6 triliun di 31 Desember 2015 menjadi Rp17,1 triliun pada 30 Juni 2016.

Pertumbuhan ini terutama diperoleh dari peningkatan nilai pasar dari investasi Perseroan di sektor sumber daya alam serta didukung oleh kinerja kuat dan berkelanjutan perusahaan investasi di sektor infrastruktur dan konsumer.

Mulai semester I tahun 2016, Saratoga telah menerapkan “Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 65: Pengecualian Konsolidasi” dalam pelaporan kinerja keuangan Perseroan.

PSAK 65 baru tersebut memungkinkan Saratoga untuk menerapkan nilai wajar atas aset-aset investasinya. Karena perubahan ini diterapkan secara prospektif (berlaku ke depan), maka laporan kinerja keuangan Perseroan di 2016 tidak dapat dibandingkan dengan laporan keuangan konsolidasi tahun 2015.

Presiden Direktur Saratoga, Michael W.P. Soeryadjaya menjelaskan bahwa metodologi penilaian wajar tersebut memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap kinerja Saratoga sebagai perusahaan investasi aktif.

“Hal ini sejalan dengan model bisnis Perseroan yang efektif dalam melakukan investasi, mendorong pertumbuhan serta memonetisasi investasinya,” kata Michael di Jakarta, Kamis, 4 Agustus 2016.

Direktur Keuangan Saratoga Jerry Ngo menambahkan, perubahan dalam penyajian laporan keuangan ini dilakukan atas dasar pertimbangan yang matang untuk dapat menyajikan laporan keuangan yang lebih jelas dan akurat. Hal ini diharapkan akan memudahkan para pemegang saham, kreditur dan para pelaku pasar modal untuk dapat mengambil keputusan investasi yang tepat.

Melalui penyajian laporan akuntansi baru ini, Saratoga tercatat berhasil membukukan laba bersih yang diatribusikan kepada pemegang saham sebesar Rp4,8 triliun. Jumlah itu mencakup one-off gain sebesar Rp2,2 triliun dan sebagian besar sebagai akibat dari perubahan penyajian pelaporan keuangan. Sisanya Rp2,6 triliun sebagian besar dikontribusikan dari peningkatan nilai pasar atas investasi Saratoga di Adaro Energy dan Tower Bersama. (*) Dwitya Putra

Related Posts

News Update

Top News