Pesatnya Digitalisasi, Sebabkan Perbankan Bersaing Ketat dengan IKNB

Pesatnya Digitalisasi, Sebabkan Perbankan Bersaing Ketat dengan IKNB

Pesatnya Digitalisasi, Sebabkan Perbankan Bersaing Ketat dengan IKNB
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Perkembangan digitalisasi yang semakin masif, telah menyebabkan industri keuangan khususnya perbankan, saat ini telah dituntut untuk bersaing tidak hanya dengan perbankan tetapi juga dengan industri keuangan lainnya.

Melihat hal itu, Infobank Media Group, menggelar webinar dengan topik “A New Competitive Landscape In The Banking and Financial Sector” untuk membahas bagaimana perbankan dapat memenangkan persaingan yang semakin sengit saat ini.

Chairman Infobank Media Group, Eko B. Supriyanto mengatakan bahwa dunia digital yang telah mempengaruhi industri perbankan saat ini telah hadir di kehidupan masyarakat, dibuktikan melalui lahirnya bank-bank digital yang semakin menjamur.

“Dunia digital ini sudah hadir di kita tetapi ada beberapa yang menyebut, apakah bank-bank digital ini juga akan sustain ke depan? Apa yang dimaksud digitalisasi? Bagaimana perubahan-perubahan landskap yang harus diantisipasi seluruh masyarakat?,” ucap Eko di Jakarta, 25 Januari 2023.

Eko menegaskan bahwa perbankan dalam digitalisasi harus mampu memenangkan persaingan yang semakin ketat saat ini, dimana perbankan tidak hanya bersaing dengan perbankan tetapi juga financial technologi, seperti pinjaman online, bahkan dengan gerai minuman yang telah menyediakan sistem seperti industri keuangan.

“Bank tidak lagi bersaing dengan bank, bank bersaing dengan pinjol (pinjaman online), misalnya dengan starbucks, karena starbucks, kita bisa topup melalui satu kartu dan bisa digunakan dimana-mana di outlet starbucks,” imbuhnya.

Oleh karena itu, webinar ini hadir untuk membahas terkait perubahan-perubahan yang akan terjadi di industri perbankan, seperti sumber daya manusia (SDM) sebagai pendukung, teknologi, serta bagaimana aturannya ke depan.

Di sisi lain, webinar ini sekaligus meluncurkan soft launching buku yang ditulis oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Institute, Agus Sugiarto dengan judul ‘Digitalisation: Changing the World of Financial Industry, Bagaimana Memenangkan Persaingan?’. (*)  

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]