Percepat Akses Keuangan, OJK Incar 514 TPAKD Hingga Akhir Tahun

Percepat Akses Keuangan, OJK Incar 514 TPAKD Hingga Akhir Tahun

Padang – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong percepatan akses keuangan di daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi regional dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Kepala Departemen Literasi, Inklusi, Keuangan, dan Komunikasi OJK, Aman Santosa, mengatakan bahwa, hingga akhir tahun ini TPAKD ditargetkan akan tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia dengan total mencapai 514.

“Kabupaten atau kota itu ada 514, nah berarti progress TPAKD ini sudah sampai 80%-an, jadi 500an itu target kita,” ucap Aman dalam Kick Off Generic Model Ekosistem Keuangan Inklusi di Padang, dikutip 22 Juni 2023.

Sebagai informasi, TPAKD untuk tingkat Kabupaten/Kota per Juni 2023 telah mencapai 458 atau telah mencapai 92,90% dari total keseluruhan.

Sedangkan, secara total TPAKD yang telah terbentuk mencapai 493 yang terdiri dari TPAKD tingkat provinsi sebanyak 35 dan 458 pada tingkat kabupaten/kota.

Adapun, bentuk implementasi TPAKD tersebut dilakukan dengan melihat potensi pengembangan desa wisata untuk membangun ekosistem keuangan inklusif di pedesaan.

Salah satu desa yang memiliki potensi desa wisata tersebut adalah Kampung Minang Nagari Sumpur, Batipuh Selatan, Tanah Datar, Sumatera Barat yang menjadi bagian dari 50 besar anugerah desa wisata 2022. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News