Perbankan Masih Hadapi Kendala Integrasi Analisis Tingkat Lanjut

Perbankan Masih Hadapi Kendala Integrasi Analisis Tingkat Lanjut

Jakarta – Perbankan saat ini masih menghadapi tantangan besar dalam mengintegrasikan strategi analisis tingkat lanjut. Meskipun mayoritas pemberi pinjaman di Indonesia tengah dalam tahap eksplorasi strategi analisis tingkat lanjut, namun mereka menghadapi tantangan dalam mengeksekusi persoalan ini dengan percaya diri. 

Berdasarkan hasil analisis Riset Independen FICO teranyar, saat ini sebanyak 84% responden berkomitmen untuk mengembangkan strategi analisis tingkat lanjut di tahun mendatang. Sementara 79% lainnya yang masih dalam tahap eksplorasi, menilai kelayakannya untuk bisnis mereka. 

Secara menjanjikan, minat terhadap platform analisis tingkat lanjut terus meningkat, menandakan peralihan dari sistem lama yang terbatas. 

Namun, terlepas dari minat yang terus meningkat ini, lebih dari separuh dari LJK di Indonesia yang mengimplementasikan atau memperluas praktik operasi data (56%) dan inisiatif integrasi data (61%) melakukannya tanpa strategi yang komprehensif. 

“Ada peluang besar bagi para pemberi pinjaman untuk meniru praktik terbaik lokal dan global serta mencapai hasil yang dicapai oleh para pelopor di pasar,” ujar Managing Director FICO di Asia Dattu Kompella, dalam virtual Media Breafing FICO, Selasa, 1 Agustus 2023.

Baca juga: Awas! Data Pribadi Bocor jadi Ancaman Serius bagi Negara

Menurutnya, perusahaan yang telah menerapkan analisis tingkat lanjut lebih mungkin untuk menghasilkan pertumbuhan laba sekaligus meningkatkan laba mereka karena pengambilan keputusan berdasarkan analisis. 

“Faktanya, perusahaan yang digerakkan oleh analisis tingkat lanjut lima kali lebih mungkin untuk mengatakan bahwa mereka tumbuh sebesar 20% atau lebih,” jelasnya.

Tantangan Menangani Pengalaman Nasabah 

Meningkatkan pengalaman nasabah tetap menjadi prioritas utama bagi lembaga jasa keuangan di Indonesia, dengan 74% pengambil keputusan bisnis menekankan pentingnya hal tersebut. 

Namun, studi tersebut menyoroti potensi peningkatan lebih lanjut dalam meningkatkan inisiatif berbasis analisis tingkat lanjut untuk mendorong peningkatan pengalaman nasabah (46%), yang berada di peringkat kelima dalam daftar prioritas operasionalisasi. 

Saat ini, tujuan-tujuan seperti meningkatkan pertumbuhan pendapatan, meningkatkan akuisisi nasabah, dan meningkatkan keuntungan produktivitas, menunjukkan bahwa terdapat peluang bagi LJK di Indonesia untuk meningkatkan fokus mereka pada pengalaman nasabah yang lebih signifikan. 

Berdasarkan, Survei Bain & Company yang dilakukan pada tahun 2022, mengidentifikasi hanya dua bank di Indonesia yang secara signifikan unggul dalam hal pengalaman nasabah. 

Kedua bank ini mencapai Net Promoter Scores (ukuran kemungkinan nasabah untuk merekomendasikan sebuah toko atau merek) sebesar 15 hingga 20 poin lebih tinggi dari 15 bank pesaingnya. 

“Kedua bank tersebut mampu mengungguli Net Promoter Scores pesaingnya dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan nasabah pada momen-momen krusial seperti pembukaan rekening, penyelesaian dugaan kasus penipuan, dan pembayaran,” bebernya.

Sementara itu, lembaga jasa keuangan Indonesia lainnya harus memprioritaskan analisis tingkat lanjut dan pengalaman yang sangat personal untuk meningkatkan keterlibatan dan loyalitas nasabah.

Baca juga: OJK Dukung Penempatan DHE di RI, Ini Manfaatnya ke Perbankan 

Di lain sisi, studi ini juga menyoroti kendala teknologi yang dihadapi oleh LJK di Indonesia, termasuk pengintegrasian solusi (77%) dan kendala karena teknologi lama (77%). 

Di mana, Indonesia memiliki anggaran tahunan rata-rata terendah untuk analisis dan pengadaan data di kawasan Asia Pasifik, dengan alokasi rata-rata sebesar USD 320 ribu, USD 140 ribu lebih rendah dari rata-rata Asia Pasifik yaitu sebesar USD 464 ribu. 

“Dengan dukungan teknologi yang tepat dan visi strategis, lembaga jasa keuangan di Indonesia dapat mengatasi tantangan-tantangan ini dan bertransformasi menjadi pemimpin pasar,” bebernya.

Tambahnya, pendekatan platform dapat membantu mengurangi kompleksitas dan memberikan kepercayaan diri bagi bank untuk mengintegrasikan dan mengoperasionalkan data dengan lebih baik sehingga dapat menghasilkan keputusan yang lebih cepat dan akurat.

“Dengan menerapkan pendekatan fast-follower, organisasi dapat melangkah lebih maju dalam mengoperasionalkan analisis tingkat lanjut dengan mengadopsi teknologi keuangan yang berfokus pada industri dan pengetahuan operasional yang telah terbukti akurat dari mitra tepercaya,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News