Perbandingan Gaji PNS di Negara Asia: Jepang Tertinggi, Indonesia di Peringkat Berapa?

Perbandingan Gaji PNS di Negara Asia: Jepang Tertinggi, Indonesia di Peringkat Berapa?

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Widodo) belum lama ini telah memberikan kabar gembira bagi aparatur sipil negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Eks gubernur DKI Jakarta ini mengumumkan kenaikan gaji PNS 2024 yang mencapai 8 persen.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga menaikkan gaji pensiunan sebesar 12 persen. Hal itu diungkapkan pada pidato Nota Keuangan Rancangan Undang-Undanga Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RUU APBN) 2024 beberapa waktu lalu.

Dari kenaikan 8 persen, gaji PNS 2024 bakal ada yang menerima gaji tertinggi hingga Rp6,3 jutaan. Gaji itu belum termasuk tunjangan.

Selain gaji pokok, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, PNS juga akan menerima sejumlah tunjangan. Di antaranya tunjangan keluarga, jabatan fungsional, kinerja, dan tunjangan lainnya

Kenaikan gaji PNS 2024 ini diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi ekonomi dan pembangunan nasional.

Baca juga: Simak Tabel Gaji PNS 2024, Naik hingga 8 Persen

Masih merujuk Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok PNS sesuai dengan golongan dan masa kerja golongan (MKG). Adapun golongan PNS di Indonesia, yaitu golongan I, golongan II, golongan III, dan golongan IV.

Untuk saat ini, rentang gaji PNS di Indonesia adalah Rp1.560.800 (gaji terendah) hingga Rp5.901.200 (gaji tertinggi). Gaji tersebut belum termasuk tunjangan-tunjangan lainnya.

Lalu, bagaimana perbandingan gaji PNS di Indonesia dengan negara Asia lainnya?

Perbandingan Gaji PNS di Asia:

Jepang

Untuk kawasan Asia, Jepang jadi negara dengan gaji PNS yang tinggi. Menukil worldsalaries, Selasa, 21 November 2023, rata-rata gaji pegawai negeri di Negeri Samurai ini berkisar JPY 405.049 per bulan atau sekitar Rp44,15 juta per bulan.

Bahkan, gaji tersebut belum termasuk berbagai tunjangan. Artinya, PNS di Jepang bisa membawa pulang gaji hingga ratusan juta per bulan.

Singapura

Di urutan kedua, ada Singapura. Salah satu negara terkaya di dunia ini menggaji PNS mereka dengan besaran beragam bergantung pada pertumbuhan ekonomi. PNS golongan terendah (MX13) atau yang baru lulus digaji SGD 3.500 atau sekitar Rp39 juta per bulan.

Gaji ini juga belum termasuk tunjangan bila pegawai berhasil meraih target kinerja.

Korea Selatan

Urutan ketiga adalah gaji PNS di Korea Selatan. Gaji terendah PNS Korea ada di kisaran KRW 2,1 juta per bulan atau sekitar Rp23,37 juta per bulan.

Jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan besar di Negeri Gingseng, gaji PNS Korea Selatan memang masih kalah jauh.

Gaji bulanan di perusahaan-perusahaan besar di sana, yakni KRW 4,5 juta atau sekitar Rp50,05 juta per bulan.

Baca juga: Gaji PNS 2024 Naik, Golongan IV Punya Gapok Segini

China

Selanjutnya ada PNS China. Gaji terendahnya adalah CNY 6.000 atau sekitar Rp12,82 juta. Gaji ini juga belum termasuk dengan tunjangan.

Malaysia

Gaji PNS di Malaysia juga bisa dibilang tak jauh berbeda dengan Indonesia. PNS Malaysia bisa mendapat gaji serendahnya MYR 1.200 atau sekitar Rp3,9 juta.

Vietnam

Gaji terendah pegawai negeri dipegang oleh Vietnam. Gaji PNS di sana berkisar VND3,48 juta atau sekitar Rp2,19 juta. Sebagai PNS, mereka memiliki gaji lebih tinggi ketimbang pekerja swasta yang dibayar sekitar VND1,8 juta atau Rp820 ribu.

Related Posts

News Update

Top News