Pemerintah Menyiapkan Infrastuktur Sistem Satu Data Terkait Vaksin

Pemerintah Menyiapkan Infrastuktur Sistem Satu Data Terkait Vaksin

Jakarta – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya penanganan covid-19 yang lebih baik, termasuk mengupayakan kehadiran vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah penyebaran covid-19.

Mengutip situs satgas penanganan covid-19, dalam rangka pelaksanaan vaksinasi covid-19, begitu vaksin sudah dapat izin penggunaan, pemerintah juga menyiapkan infrastuktur sistem satu data agar bisa terlaksana dengan transparan.

Adapun sistem informasi dan satu data pelaksanaan vaksinasi covid-19 dibangun untuk:

1 Mengintegrasikan data dari berbagai sumber menjadi satu data

2 Menyaring data individu penerima vaksin prioritas

3 Membangun aplikasi pendaftaran vaksin

4 Memetakan suplai dan distribusi vaksin dengan lokasi vaksin

5 Memonitor hasil pelaksanaan vaksinasi

Proses pengembangan vaksin pun dikawal ketat dari awal sampai dengan produksi, izin edar, distribusi, dan pelaksanaan vaksinasi, karenanya vaksin sudah pasti dijamin keamanan dan efektivitasnya.

Pengembangan vaksin sendiri melewati berbagai tahapan yang diawasi dengan ketat dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah berdasarkan data sains dan standar kesehatan.

Pemerintah sendiri menjamin bahwa vaksin yang nanti didistribusikan ke masyarakat adalah vaksin yang lulus semua tahapan uji klinik, sehingga aman dan efektif. Jadi jangan khawatir terkait pendistribusian vaksin kedepan. Vaksin melindungi diri, dan melindungi Negeri. (*)

Related Posts

News Update

Top News