Peduli Lingkungan, Perbarindo Solo Raya Tanam Ratusan Bibit Pohon di Area Waduk Pidekso

Peduli Lingkungan, Perbarindo Solo Raya Tanam Ratusan Bibit Pohon di Area Waduk Pidekso

Solo – Sejumlah bankir dari berbagai Bank Perekonomian Rakyat (BPR) yang tergabung dalam Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) Solo Raya melakukan aksi penanaman 370 bibit pohon produktif dan 10 bibit bunga di sekitar lahan Waduk Pidekso, Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Rabu, 6 Maret 2024.

Ketua Perbarindo Solo Raya Azis Soleh mengatakan, aksi penanaman pohon ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, baik untuk konservasi lingkungan hidup dan pengembangan eko wisata.

“Ini sebagai upaya pelestarian ekosistem dan penghijauan kembali,” kata Azis dikutip Jumat, 8 Maret 2024.

Di kesempatan yang sama, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo Eko Yunianto mengatakan, selaku regulator memberi apresiasi terhadap Perbarindo Solo Raya dalam menginisiasi pelaksanaan program penghijauan di Waduk Pidekso, Wonogiri.

Dia juga berharap, melalui program penghijauan ini mampu meningkatkan jumlah lahan hijau yang berfungsi untuk mempertahankan debit air dan mencegah terjadinya erosi tanah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengubah perilaku petani sebagai pelestari sumber daya alam.

“Melalui program penghijauan ini juga diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisata masyarakat Wonogiri dan sekitar untuk menikmati keindahan potensi wisata Waduk Pidekso ini,” kata Eko.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan, penanaman bibit pohon di Waduk Pidekso bersama Perbarindo dan OJK ini merupakan dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia ke-32, yang jatuh pada 22 Maret 2024 mendatang.

“Tujuan dari penanaman bibit pohon itu adalah mendukung keberlanjutan lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem air, dan keberlangsungan air di masa depan,” kata Maryadi. (*)

Related Posts

News Update

Top News