PDB Triwulan Tiga Diperkirakan Membaik

PDB Triwulan Tiga Diperkirakan Membaik

Produk Domestik Bruto (PDB) triwulan III sudah mulai rebound. Pertumbuhan didorong oleh belanja modal Pemerintah. Ria Martati.

Jakarta- Pertumbuhan ekonomi triwulan ketiga diperkirakan mulai membaik. Meski belum menyentuh level 5%, namun pertumbuhan diperkirakan lebih baik dari triwulan sebelumnya.

“Tanda-tandanya sudah mulai positif, kalau dari perkiraan kita, Produk Domestik Bruto (PDB) triwulan III sudah mulai rebound, sudah mulai lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Moneter Bank Indonesia, Juda Agung, usai ibadah Sholat Jumat di Jakarta Jumat, 11 September 2015. Seperti diketahui, pada triwulan pertama, pertumbuhan ekonomi tercatat 4,71% kemudian pertumbuhan ekonomi pada triwulan kedua tercatat 4,67%. Juda juga optimistis, pertumbuhan ekonomi keseluruhan tahun 2015 akan tetap mencapai range 4,7%-5,1%.

Faktor kunci pendorong pertumbuhan ekonomu menurut Juda adalah penyerapan anggaran yang telah mulai meningkat, sementara di sisi  ekspor masih lemah.

“Fiskal sudah mulai positif. Belanja modal sudah lebih tinggi dibanding tahun lalu. Januari-Agustus, kalau tidak salah tumbuh sudah 13% yoy. Ini positif. Delapan bulan 2015 sudah lebih tinggi 13% daripada delapan bulan tahun sebelumnya. Sudah mulai positif dampaknya ke perekonomian, ada spillover juga ke yang lain,” tandasnya.

Related Posts

News Update

Top News