OJK Harap Pembiayaan Infrastruktur Bersumber Dari Tabungan Publik

OJK Harap Pembiayaan Infrastruktur Bersumber Dari Tabungan Publik

Budaya menabung akan membantu negara untuk membenahi permasalahan ekonomi yang bersifat fundamental. Rezkiana Nisaputra

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap, agar kebutuhan dana untuk membiayai pembangunan nasional (infrastruktur) bisa bersumber dari dana tabungan masyarakat yang sekaligus dapat menggantikan peran utang luar negeri. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, di Jakarta, Selasa, 8 September 2015. “Ketika kebutuhan investasi melebihi kemampuan kita, maka gap ini sering diisi dari pembiayaan luar negeri,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan investasi proyek infrastruktur bisa bersumber dari dana-dana masyarakat yang dihimpun melalui lembaga perbankan. “Makanya, OJK mengembangkan produk tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) untuk membangkitkan budaya menabung,” tukasnya.

Dia menilai, budaya menabung akan membantu negara untuk membenahi permasalahan ekonomi yang bersifat fundamental. “Saya kira kebiasaan menabung akan membantu masalah yang bersifat strukturual dan bagus bagi perekonomian kita,” ucap dia.

Lebih lanjut Muliaman mengungkapkan, bahwa selain penting bagi pembiayaan pembangunan nasional, budaya menabung juga penting bagi masing-masing individunya. Kata dia, budaya menabung penting dimulai sejak usia dini.

“Kami akan kembali mendorong budaya menabung. Sekitar 20 tahun lalu kita mempunyai program pemerintah, seperti Tabanas dan Tabungan Asuransi Berjangka,” tegasnya.

Saat ini, jelas dia, populasi siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas sebanyak 50 juta jiwa. Sebanyak 78% ada di sekolah umum di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sisanya di madrasah yang ada di bawah Kementerian Agama. (*)

Related Posts

News Update

Top News