Mundur dari Kandidat Presiden Jalur Independen, RFK Jr Dukung Trump di Pilpres AS

Mundur dari Kandidat Presiden Jalur Independen, RFK Jr Dukung Trump di Pilpres AS

Jakarta – Mantan Presiden AS Donald Trump bakal mendapat suara tambahan dari para pendukung kandidat lain dalam Pilpres AS, November 2024. Salah satunya, Robert F. Kennedy Jr. (RFK Jr.), kandidat presiden independen.

Diketahui, RFK Jr yang pada Jumat (23/8) mengumumkan pengunduran dirinya dan berbalik arah mendukung Donald Trump, calon presiden dari Partai Republik. 

“Tidakkah Anda menginginkan seorang presiden yang akan menyelamatkan kita dari perang dan yang akan membangun kembali kelas menengah di negara ini?,” tanya RFK Jr saat berbagi panggung kampanye yang sama dengan Trump, di Glendale, Arizona, dinukil VOA Indonesia (26/8).

Dukungan RFK Jr kepada Trump, tampaknya menghubungkan keduanya dengan insiden serupa seperti percobaaan pembunuhan yang dialami Trump. Pada bulan Juli, Trump terluka dalam percobaan pembunuhan.

Baca juga : Kampanye Diretas, Tim Sukses Donald Trump Tuduh Iran sebagai Biang Keroknya

Sementara itu, paman RFK Jr., presiden Partai Demokrat John F Kennedy , dan ayahnya, jaksa agung Robert F. Kennedy, dibunuh

“Setelah saya terpilih, saya akan membentuk komisi independen baru untuk menyelidiki upaya-upaya pembunuhan. Komisi itu bertugas mengungkap semua dokumen yang tersisa berkaitan dengan pembunuhan JFK,” tegasnya.

Sosok RFK Jr

RFK Jr. adalah kandidat kontroversial. Ia dikenal sebagai penentang vaksin dan ahli teori konspirasi tentang COVID-19 dan peristiwa 9/11.

Dalam sebuah pernyataan, Partai Demokrat mengklaim bahwa jajak pendapat menunjukkan segelintir pemilih yang masih mendukung RFK Jr. terpecah antara kandidat Demokrat Kamala Harris dan Trump.”

Beberapa analis mengatakan para pendukung RFK Jr. mungkin tidak akan memilih sama sekali. Ada pula yang memperkirakan dampak jangka pendek bagi Trump, seperti John Fortier dari lembaga think tank American Enterprise Institute.

Baca juga : Jadi ‘Target’ Pembunuhan Iran, Pengamanan Donald Trump Diperketat

“Ini sedikit membantu Donald Trump. Namun saya pikir secara keseluruhan ini akan menjadi persaingan yang ketat antara kedua kandidat, kedua partai. Dan suara independen hanya akan menjadi penting di sekitar margin,” terangnya.

Para pendukung Trump menyambut RFK Jr. salah satu, Karen Preul (45).

“Mereka menunjukkan bahwa partai yang dulu diusung pamannya, ayahnya, bahkan 

Pada masa lalu, keduanya saling mengkritik keras. Namun seperti yang terlihat sepanjang tahun pemilu ini, mantan-mantan musuh biasanya dengan cepat mengubah kesetiaan mereka ketika mereka mundur dari persaingan. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News