Menko Perekonomian: PSN Terbukti Tingkatkan Investasi dan Lapangan Kerja

Menko Perekonomian: PSN Terbukti Tingkatkan Investasi dan Lapangan Kerja

Airlangga: Angka Testing Covid-19 RI Sudah Lampaui Ketentuan WHO
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki dampak positif bagi perekonomian. Beberapa diantaranya adalah meningkatnya jumlah investasi dan terciptanya lapangan kerja.

“Keberadaan PSN telah terbukti meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia. Di tengah pandemi, PSN yang sudah selesai, menciptakan lebih dari 11 juta lapangan kerja, baik langsung maupun tidak langsung,” jelas Airlangga Rabu, 15 Desember 2021.

Airlangga berharap, dorongan untuk tetap melakukan PSN di masa pandemi dapat memberikan multiplier effect secara sosial dan ekonomi. Selain itu, PSN yang tersebar diberbagai wilayah juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur secara langsung serta mengurangi kesenjangan pertumbuhan pendapatan per kapita.

Dalam pelaksanaannya, Airlangga mengakui bahwa penyelesaian PSN tidak lepas dari tantangan. Salah satunya adalah kemampuan pembiayaan APBN dan daerah yang terbatas. Untuk itu, pemerintah berkolaborasi dengan swasta guna memenuhi kebutuhan belanja infrastruktur.

“Pemerintah akan terus berkomitmen untuk melakukan creative financing agar PSN dapat dilaksanakan dan mengurangi beban APBN pada infrastruktur,” ujarnya. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]