Menkeu Ingatkan Bankers Milenial Segera Terapkan Prinsip ESG

Menkeu Ingatkan Bankers Milenial Segera Terapkan Prinsip ESG

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menekankan pada bankers milenial untuk memperhatikan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governace) pada pembiayaan berkelanjutan.

“Untuk financial market dan termasuk perbankan anda akan mengalami suatu policy atau regulasi yang harus dipertimbangkan. Dimana climate change menjadi faktor risiko yang di recognize bisa mempengaruhi tidak hanya sustainability tapi juga systematic important,” ujar Sri Mulyani dalam CEO Banking Forum, Senin, 9 Januari 2023.

Menkeu melanjutkan, di dalam pembicaraan di G-20 lalu lembaga dunia seperti, Financial Stability Board (FSB), Organization for Economic and Development (OECD), dan Bank for international Settlements (BIS) membahas mengenai perubahan iklim menjadi isu penting bagi sektor keuangan dalam memilih keputusan untuk melakukan pembiayaan yang sesuai dengan prinsip ESG dan juga risikonya.

“Disini kita beruntung kalau bener bankers adalah para bankers milenial mungkin mereka lebih sensitif terhadap climate change, semoga ini milenial yang peduli terhadap dunia,” imbuhnya.

Sehingga, para bankers harus melakukan pertimbangan dalam memberikan pembiayaan kepada proyek yang akan dibiayainya yaitu dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan governance. 

“ESG bukan hal yang baru kalau anda benar-benar menjalankan etika, cuma sekarang ya itu tadi karena any decision yang dibuat anda harus memperhatikan lingkungan. Apakah anda merusak lingkungan? Apakah society-nya menjadi lebih buruk? atau terjadi abuse, dan apakah proyek itu bisa jalan anda melakukan bribery?,” pungkas Menkeu.

Sri Mulyani pun kembali mengingatkan, bahwa prinsip ESG kedepannya akan menjadi perhatian utama di sektor keuangan dalam penerapannya bagi pelaku jasa keuangan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]