Medco Energi (MEDC) Dapat Pinjaman Rp7,4 Triliun dari Anak Usaha, Buat Apa?

Medco Energi (MEDC) Dapat Pinjaman Rp7,4 Triliun dari Anak Usaha, Buat Apa?

Jakarta – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan bahwa telah mendapatkan pinjaman dari anak usahanya, yaitu Medco Energi Global Pte. Ltd (MEG) sebanyak USD480,18 juta atau setara dengan Rp7,44 triliun (kurs: Rp15.498).

Manajemen MEDC dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), menyatakan bahwa tujuan dari pinjaman tersebut akan digunakan secara ekslusif oleh MEDC untuk beberapa hal.

Baca juga: Barito Renewables (BREN) Mau Tebar Dividen Interim, Cek Besarannya

“Antara lain, untuk melakukan tender, membiayai kembali atau membayar kembali utang Perseroan yang ada saat ini atau mengganti fasilitasi commited yang belum ditarik,” tulis manajemen dikutip, 15 November 2023.

Lebih lanjut, manajemen menjelaskan bahwa, MEG pada kesempatan yang sama juga melakukan transaksi pinjaman dengan Medco Maple Tree Pte. Ltd (MMT), dengan besaran nilai pinjaman yang sama sebesar USD480,18 juta.

Adapun dana yang diberikan berdasarkan perjanjian pinjaman MEDC-MEG dan MEG-MMT berasal dari hasil penerbitan surat utang senior atau senior notes yang diterbitkan oleh MMT dengan nilai sebesar USD500 juta dengan bunga sebesar 8,96 persen.

Baca juga: 3 Emiten Baru Melantai di BEI, Harga Sahamnya Kompak Naik

Tujuan dari perjanjian pinjaman MEDC-MEG dan MEG-MMT adalah untuk mengalirkan dana yang diterima dari surat utang 2009 untuk kebutuhan masing-masing perusahaan.

“Mengingat transaksi dilakukan oleh Perseroan dengan perusahaan terkendali Perseroan dan sesama perusahaan Perseroan terkendali Perseroan yang laporannya dikonsolidasikan kepada Perseroan, dengan demikian, tidak terdapat pengaruh transaksi terhadap kondisi keuangan perseroan,” imbuhnya. (*) 

Related Posts

News Update

Top News