Masyarakat Bisa Dukung Program Pemerintah Lawan Covid19

Masyarakat Bisa Dukung Program Pemerintah Lawan Covid19

Upaya pemerintah dalam melawan Covid19 terus dilakukan, meski sampai sejauh masih terdapat penambahan jumlah pasien yang positif.

Namun kabar baiknya, penanganan Covid-19 di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan secara mingguan. Kondisi membaik terjadi pada kesembuhan, kematian dan kasus aktifnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menjabarkan jumlah kasus aktif per 8 Oktober 2020 ada 64.924 atau 20,3%. Menurutnya bila bandingkan rata-rata dunia kasus aktifnya 21,7%, kasus sembuh 75,3% dan meninggal 2,91%.

“Jika melihat kasus kumulatif, angkanya memang terus meningkat. Yang perlu menjadi perhatian adalah kasus aktif, karena kasus aktif di Indonesia cenderung mengalami penurunan setiap minggunya,” kata Wiku melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat 9 Oktober 2020.

Ia membandingkan sejak awal pandemi, pada Maret 2020 lalu kasus aktif 91,26% kini menjadi 21,05% pada awal Oktober 2020. Dari 514 kabupaten/kota, ada 325 kabupaten/kota atau 63% yang memiliki kasus aktif paling banyak 50 kasus. “Ini adalah kabar baik, karena ini adalah prestasi kita semuanya,” Wiku mengapresiasi.

Melihat hal itu, bayak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk dukung pemerintah lawan Covid19. Karena, program pemerintah akan terasa sia-sia tanpa didukung masyarakatnya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan masyarakat dalam mendukung program pemerintah diantaranya yakni:

Selalu Pakai Masker Saat Keluar Rumah

Memakai masker saat beraktivitas di luar rumah menjadi salah satu hal yang sangat mudah bisa dilakukan masyarakat untuk mendukung program pemerintah melawan Covid19.

Jika hal ini diabaikan, maka program pemerintah akan sia-sia, karena salah satu penularan Covid19 bisa terjadi lewat udara dan kontak dengan seseorang.

Melakukan Pembatasan Sosial atau Tidak Berkumpul

Upayakan untuk selalu berada di dalam rumah, jika tidak ada hal yang benar-benar sangat penting untuk keluar rumah, seperti berobat ke dokter, belaja kebutuhan dapur daan lain-lain.

Pasalnya, resiko penyebaran Covid19 sangat besar bisa terjadi jika kita berkumpul dengan banyak orang. Dengan kita mengikuti himbauan pemerintah untuk tidak berkumpul, maka kita sudah termasuk salah satu masyarakat yang ikut mendukung program pemerintah untuk melawan Covid19.

Pola Hidup Bersih dengan Selalu Mencuci Tangan

Selalu mencuci tangan adalah salah satu hal kegiatan yang paling kecil dan mudah dilakukan dalam mendukung program pemerintah.

Tujuannya, dengan kita selalu mencuci tangan, saat atau setelah kita melakukan aktivitas bisa menghindari kita terjangkit Covid19. Karena tanpa kita sadari, kita selalu memegang benda yang kita tidak tau apakah dibenda itu ada virus atau tidak. Dengan begitu, kita dapat meminimalisir potensi resiko terkena Covid19. (*)

Related Posts

News Update

Top News