Masuk Kriteria Jokowi Pimpin IKN, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Masuk Kriteria Jokowi Pimpin IKN, Ini Jawaban Ridwan Kamil

Masuk Kriteria Jokowi Pimpin IKN, Ini Jawaban Ridwan Kamil
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menyikapi pernyataan Jokowi yang mengindikasikan IKN akan dipimpin oleh orang yang berlatarbelakang kepala daerah dan arsitek, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku siap apabila Presiden Joko Widodo memintanya sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur.

Kendati demikian, ia tidak mau berharap lebih. Apalagi sampai mengemis. Baginya saat ini adalah bekerja demi Indonesia maju.

“Selama kita tahu diri, kalau tidak mampu, bilang tidak mampu jangan memaksakan diri. Kalau mampu bilang mampu tapi juga tidak usah meminta-minta,” kata Emil di acara Injabar Unpad Podcast, Sunda Untuk Indonesia di Hotel The Darmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Febuari 2022.

Lebih lanjut, dia mengaku belum ada pembicaraan serius antara dirinya dengan Pemerintah Pusat terkait calon pemimpin IKN-1.

“Tapi karena belum ada perbincangan formal, jadi saya tidak bisa bicara terlalu jauh, nanti keliru dan malu. Terpenting siapapun yang dipilih nanti kita dukung, karena merupakan momen bersejarah membangun peradaban,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku belum mengantongi nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN), meski sejumlah nama telah diisukan masuk dalam bursa calon pemimpin di ibu kota baru itu.

Meski belum mengantongi nama, tapi Jokowi mengungkapkan kriteria untuk calon Kepala Otorita IKN bernama Nusantara. Dia menyebut kriteria untuk menjadi kepala badan otorita IKN setidaknya pernah memimpin daerah dan memiliki latar belakang arsitek.

“Paling tidak pernah memimpin daerah dan punya background arsitek,” kata Jokowi dalam pertemuan dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]