Mastercard Gandeng Grab Dorong Inklusi Digital dan Keuangan di Asia Tenggara

Mastercard Gandeng Grab Dorong Inklusi Digital dan Keuangan di Asia Tenggara

ekonomi
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Mastercard dan Grab, mengumumkan kerja sama regional untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan di kawasan Asia Tenggara. Kerja sama ini akan memberikan akses kepada jutaan pekerja informal dan pelaku usaha di platform Grab ke berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital yang dapat menciptakan lebih banyak cara dan peluang pendapatan bagi mereka.

Menurut laporan platform ekonomi yang baru-baru ini diluncurkan oleh Bain dan Tech for Good Institute, Asia Tenggara perlu fokus dalam meningkatkan kepercayaan dan literasi digital masyarakat untuk mendorong partisipasi ekonomi digital yang lebih besar.

Kerja sama antara Mastercard dan Grab sendiri bertujuan mengatasi kesenjangan tersebut dengan memberikan akses kepada masyarakat yang kurang terlayani ke keterampilan inti digital, keuangan, dan bisnis untuk membantu mereka lebih baik dalam mengelola keuangan dan bisnis, serta berpartisipasi penuh dalam ekonomi digital.

Ruang lingkup kerja sama selama dua tahun ini meliputi program pelatihan khusus untuk pekerja informal dan pelaku usaha kecil, meningkatkan akses talenta digital di Indonesia dan meningkatkan ekonomi digital melalui penelitian dan dialog.

“Memastikan semua masyarakat Indonesia memiliki akses ke jaringan, alat, dan solusi yang mereka perlukan untuk menjadi bagian dari ekonomi digital merupakan tanggung jawab kita bersama. Melalui langkah terbaru dalam kerja sama jangka panjang ini, Mastercard dan Grab berkomitmen untuk mendukung negara-negara seperti Indonesia dalam mewujudkan agenda mereka untuk menciptakan masyarakat yang inklusif secara keuangan dan digital,” kata Safdar Khan, Division President, Southeast Asia Emerging Markets, Mastercard, Kamis, 14 Oktober 2021.

Penandatanganan MoU ini juga mempertegas upaya berkelanjutan kedua perusahaan untuk meningkatkan inklusi digital dan keuangan melalui pengembangan sumber daya manusia dan pelatihan usaha kecil.

Pada tahun 2020, Grab telah melatih lebih dari 1,7 juta mitra pengemudi melalui platformnya di berbagai bidang, seperti literasi digital dan keuangan.

“Kami telah mendapatkan banyak manfaat dari ekosistem teknologi Asia Tenggara, dan ingin melakukan bagian kami untuk mendukung pengembangan bakat dan bisnis lokal. Melalui kerja sama dengan perusahaan terkemuka seperti Mastercard, kami dapat menghadirkan program pelatihan berkualitas tinggi untuk jutaan orang dan bisnis di platform kami. Kami percaya kerja sama ini memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah,” kata Cheryl Goh, Group Head of Marketing and Sustainability, Grab. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]