Lani Darmawan: Perempuan Indonesia Harus Pede

Lani Darmawan: Perempuan Indonesia Harus Pede

Lani Darmawan: Perempuan Indonesia Harus Pede
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Di era globalisasi seperti sekarang ini, semakin banyak bermunculan sosok perempuan hebat di Indonesia, tak terkecuali yang berasal dari industri perbankan. Salah satunya adalah Lani Darmawan yang menjabat sebagai Presiden Direktur Bank CIMB Niaga. Sepak terjangnya di industri perbankan tak perlu diragukan lagi, hingga ia menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan lainnya dan meraih Top 100 Most Outstanding Women 2022 dari Majalah Infobank.

Untuk mencapai kesuksesan dalam hal hidup, ia memberikan sejumlah wejangan bagi perempuan-perempuan di Indonesia. Pertama, perempuan di Indonesia harus tetap bisa mengejar mimpinya. Apapun pilihannya, entah di rumah atau kerja secara profesional.

“Kemudian yang kedua adalah tidak perlu merasa bersalah apabila karir yang dipilih. Sebab itu kembali lagi itu adalah pilihan kita dan harus percaya diri (pede). Sebab biasanya saya melihat, karena ketidakpedeanlah yang menghambat segala sesuatunya. Kalau saya sendiri percaya bahwa bagi perempuan Indonesia tidak ada yang tidak mungkin, tetapi yang ada adalah pilihan,” ujar Lani dalam sharing session di acara Top 100 Outstanding Women : Diversity in Unity ‘Rahasia Dapur Wanita Indonesia’ yang digelar Infobank di Solo, Jumat, 20 Mei 2022.

Selanjutnya, hal yang tak kalah penting ialah harus menyadari tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan. Jika mendapat kritikan atau semacamnya tidak perlu dipusingkan. Perempuan Indonesia harus pede, dan keluarga pasti mendukung hal tersebut.

“Yang terakhir menurut saya, banyak positifnya menjadi perempuan. Jadi women leader itu banyak keuntungannya bagi perempuan, misalnya saja lebih mau mendengarkan, jadi sebetulnya banyak poin. Terlebih, untuk tim kita perempuan atau laki-laki. Kebetulan tim saya dari beberapa kali itu kebanyakan laki-laki semuanya. Tapi sekarang di CIMB Niaga itu 30-33% sudah perempuan. Jadi menurut saya pede aja. Tidak ada yang tidak mungkin, yang ada adalah pilihan,” kata Lani.

Sebagai informasi, Lani merupakan seorang bankir senior. Ia memiliki pengalaman selama lebih dari 35 tahun berkecimpung di industri perbankan dan menempati berbagai posisi strategis di sejumlah bank swasta besar. Misalnya pada 1990-1999, ia menjadi deputy general manager di Bank Central Asia (BCA), tahun 2000 dipercaya sebagai wakil presiden di Citibank Indonesia, lalu pada 2000-2004 menjabat consumer banking group head di LippoBank, kemudian di Standard Chartered Bank Indonesia sebagai consumer banking country head pada 2004-2010.

Karirnya berlanjut di 2010-2012 menjadi executive vice president head of network di PermataBank, pada 2012-2015 menjabat Direktur Retail Banking Bank Maybank Indonesia. Setelah itu, bergabung dengan jajaran direksi Bank CIMB Niaga sebagai direktur consumer banking di akhir 2016. Lalu, pada 17 November 2021, ia diangkat menjadi nahkoda baru Bank CIMB Niaga menggantikan Tigor M. Siahaan yang sebelumnya mengundurkan diri. (*) Bagus Kasanjanu

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]