Langkah OCBC NISP Digitalisasi Layanan Trade Finance

Langkah OCBC NISP Digitalisasi Layanan Trade Finance

Jakarta – Bank OCBC NISP terus menghadirkan berbagai inovasi digital dalam upaya memudahkan nasabahnya. Khususnya, bagi para pelaku usaha yang membutuhkan layanan trade finance.

Setelah sebelumnya nasabah korporasi dapat melakukan monitor outstanding atau plafon fasilitas trade yang dimiliki, nasabah pun kini bisa dengan mudah melakukan penerbitan serta perubahan Bank Garansi tanpa perlu datang ke kantor bank.

“Semuanya sudah bisa dilakukan melalui aplikasi Velocity@ocbcnisp berbasis website,” ujar Trade Finance Division Head Bank OCBC NISP Gianto Kusno, Senin, 27 Februari 2023.

Bank Garansi sendiri merupakan salah satu instrumen keuangan penting yang memang dibutuhkan pelaku usaha dalam proses kerja sama atau perjanjian bisnis.

Produk Bank Garansi dapat berupa agunan pembayaran yang diberikan kepada pihak penerima agunan, bila pihak yang dijamin tidak bisa memenuhi kewajibannya. 

Para nasabah sudah tidak perlu direpotkan dalam proses pengajuan dan perubahan Bank Garansi yang bisa dilakukan secara paperless, hemat waktu, user friendly dan tingkat kenyamanan dalam melakukan monitor dan tracking.

Pihaknya menambahkan, transformasi menuju arah digitalisasi layanan perbankan untuk korporasi sudah berjalan beberapa tahun terakhir. Apalagi sejak masa pandemik COVID-19 yang membatasi aktivitas manusia pada 2 tahun terakhir.

“Digitalisasi akan terus dilakukan salah satunya melalui Velocity@ocbcnisp. Pasalnya lompatan teknologi itu sangat cepat dalam memenuhi kebutuhan nasabah kami,” jelasnya.

Berdasarkan datanya, terdapat 5 keuntungan dalam layanan pengajuan dan perubahan Bank Garansi secara online melalui Velocity@ocbcnisp.

  1. Paperless yakni pengajuan dan perubahan Bank Garansi seluruhnya dapat dilakukan secara online. Nasabah cukup mengisi online form yang tersedia di website anpa harus datang ke kantor cabang.
  2. Efisien biaya dan waktu di mana bantuan teknologi digital,  proses pengajuan dan perubahan Bank Garansi akan lebih cepat. Proses yang kamu ajukan dapat selesai di hari yang sama apabila pengajuan atau perubahan dilakukan sebelum pukul 14.00.
  3. Ramah bagi pengguna yakni pengajuan dan perubahan Bank Garansi melalui Velocity@ocbcnisp berada di dalam satu platform (aplikasi) yang sama dengan layanan internet banking cash management (onestop solution Cash Management & Trade Finance).
  4. Kenyamanan. Di sini, dengan adanya Velocity@ocbcnisp akan memudahkan nasabah melakukan pemantauan dan penelusuran proses pengajuan atau perubahan Bank Garansi secara online.
  5. Keamanan, yang mana Velocity@ocbcnisp dibangun dalam ekosistem digital yang aman dengan sistem enkripsi terkini.

Bank OCBC NISP terus mengakselerasi pengembangan kapabilitas digitalisasi melalui Velocity@ocbcnisp berbasis web dan mobile. Mengacu pada data sepanjang 2019 dibandingkan dengan semester I-2021, rata-rata nilai transaksi per bulan meningkat 134%. Sementara untuk  jumlah pengguna meningkat 22%.  

“Sedangkan pada tahun 2023 ini, target user Velocity@ocbcnisp kita itu sudah harus menyentuh di angka 70%,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News