Lagi! Tesla Mau PHK 601 Karyawan

Lagi! Tesla Mau PHK 601 Karyawan

Jakarta – Perusahaan otomotif dan penyimpanan energi asal Amerika Serikat, Tesla (TSLA.O) kembali akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kali ini, dilakukan terhadap 601 karyawan di California.

Kondisi ini menambah daftar panjang pemangkasan karyawan yang telah dilakukan sejak satu bulan terakhir. Alasannya pun masih serupa, yakni penurunan penjualan dan persaingan harga yang kian kompetitif.

Dinukil Reuters, manajemen Tesla menyatakan rencana PHK ini bakal berdampak pada karyawan Tesla di Palo Alto dan Fremont, California. Rencananya,  pemangkasan akan berlangsung selama periode 14 hari, dimulai pada 20 Juni 2024.

Baca juga : Tesla PHK Karyawan Lagi, Kini Sasar Divisi Perangkat Lunak

Diketahui, PHK pertama kali terjadi pada bulan lalu, ketika Tesla mulai memberhentikan 10 persen dari 140.000 tenaga kerja global perusahaan tersebut. 

PHK tersebut termasuk Kepala Pengisian Daya EV Tesla Rebecca Tinucci, serta seluruh timnya yang beranggotakan 500 orang. Kepala Program Kendaraan Tesla Daniel Ho, juga dirumahkan.

Di X, CEO Tesla Elon Musk mengatakan perusahaan perlu melakukan reorganisasi setiap lima tahun sekali. 

Baca juga : Tesla Dikabarkan Mulai Pangkas Pekerja di Shanghai

Menurut Bloomberg, Musk secara pribadi menyatakan keinginannya untuk memberhentikan setidaknya 20 persen perusahaannya karena pengiriman kendaraan triwulanannya turun sebanyak itu.

Saat ini, Tesla sedang mengalami salah satu situasi keuangan tersulit dalam beberapa tahun terakhir, dengan penurunan penjualan dan laba 55 persen dari tahun ke tahun. 

Perusahaan ini juga mengalami peningkatan persaingan, baik di AS maupun Tiongkok, sekaligus menghadapi berkurangnya permintaan kendaraan listrik secara global. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News