Kurangi Screen Time, Antisipasi Kerusakan Mata Anda

Kurangi Screen Time, Antisipasi Kerusakan Mata Anda

Jakarta – Smartphone menjadi salah satu kebutuhan di zaman digital. Terlebih, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat COVID-19 membuat penggunaan smartphone dan gawai lainnya semakin meningkat.

Meski memudahkan komunikasi, penggunaan smartphone dan gawai yang berlebihan juga dapat merusak kesehatan mata anda. Lalu, bagaimana cara untuk mengurangi waktu penggunaan gawai atau screen time setiap harinya? Berikut adalah cara-cara sederhana yang dapat anda terapkan untuk mengurangi screen time tiap harinya. 

1. Matikan notifikasi yang masuk

Notifikasi menjadi salah satu penyebab utama bertambahnya screen time anda. Dengan mematikan beberapa notifikasi yang tak perlu, anda memiliki lebih banyak waktu, merasa tenang, sekaligus mengurangi screentime harian anda. Segera matikan notifikasi-notifikasi yang tak perlu pada smartphone anda, sehingga tak selalu tergoda untuk mengeceknya.

2. Jauhkan smartphone sebelum tidur 

Semartphone juga dapat menganggu waktu tidur. Dengan mengecek pesan atau notifikasi sebelum tidur, secara tak sadar screen time anda bertambah dan memperburuk kesehatan mata. Sebisa mungkin jauhkan smartphone anda 30 menit sebelum tidur.

3. Perbanyak quality time

Quality time, atau waktu berkumpul dengan orang tersayang dapat mengurangi waktu anda dalam memandang layar telepon tiap harinya. Sempatkanlah untuk mengobrol dengan anak atau istri anda sebelum tidur. Jauhkan telepon genggam untuk sesaat dan manfaatkan waktu berharga anda berkumpul dengan yang tersayang.

4. Dengarkan podcast

Apabila anda memerlukan hiburan sebelum tidur, anda dapat mendengarkan podcast. Dengan podcast, anda hanya perlu memejamkan mata dan mendengarkan isi konten yang anda mau. Anda dapat hiburan sekaligus istirahat dari layar smartphone yang mata anda perlukan.

5. Jangan lupa asuransi kesehatan

Kemudian, anda juga perlu berjaga-jaga dari penyakit. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, pastikan anda memiliki asuransi kesehatan. Dengan begitu, anda tak khawatir ketika sesuatu hal terjadi. Jika anda belum memilikinya, anda dapat memilih asuransi terpercaya seperti Asuransi Tugu.

Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu dapat menjadi produk terpercaya untuk anda. THIS adalah program asuransi kesehatan yang ditujukan kepada karyawan dan individu. Setelah membayar premi 1 tahun, anda akan mendapatkan manfaat maksimal program THIS sebagai berikut:

  • Kebebasan menggunakan penyedia jasa pelayanan 
  • Tidak ada batasan teritorial dan waktu
  • Pelayanan kesehatan independen
  • Kemudahan penambahan provider Rumah Sakit
  • Sistem pembayaran klaim berupa Penggantian Pembayaran dan Non Tunai

Dengan banyaknya manfaat asuransi ini, anda tak perlu khawatir lagi akan apa yang akan terjadi. Sehingga, anda dapat semakin produktif dengan asuransi kesehatan. Segera miliki Tugu Insurance Health Insurance (THIS) dari Asuransi Tugu untuk perlindungan maksimal anda. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News