Kredit Perbankan Tumbuh 13,09 Persen di April 2024, BI Ungkap Pendongkraknya

Kredit Perbankan Tumbuh 13,09 Persen di April 2024, BI Ungkap Pendongkraknya

Jakarta – Bank Indonesia (BI) melaporkan kredit perbankan terus meningkat positif. Pada April 2024, kredit tumbuh tinggi sebesar 13,09 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan pertumbuhan kredit perbankan tersebut didorong oleh pertumbuhan kredit di banyak sektor, seperti sektor industri, jasa dunia usaha, dan perdagangan, sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, kata Perry, tingginya permintaan kredit perbankan dipengaruhi oleh sisi penawaran, sejalan dengan terjaganya appetite perbankan yang didukung oleh tingginya permodalan.

“Serta, berlanjutnya strategi realokasi aset ke kredit oleh perbankan, dan diterapkannya Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) yang menjaga kecukupan likuiditas perbankan,” jelas Perry dalam RDG, Rabu, 22 Mei 2024.

Baca juga: Bos BI: Bank Tak Perlu Naikkan Suku Bunga Kredit 

Perry menjelaskan dari sisi permintaan, pertumbuhan kredit perbankan didukung oleh kinerja korporasi dan rumah tangga yang tetap terjaga baik. Berdasarkan kelompok penggunaan, pertumbuhan kredit ditopang oleh kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit konsumsi yang masing-masing tumbuh sebesar 15,69 persen yoy, 13,25 persen yoy, dan 10,34 persen yoy.

Adapun pertumbuhan kredit tersebut juga ditopang oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang terus meningkat, yang mencapai 8,21 persen yoy pada April 2024.

Baca juga: Tok! BI Tahan Suku Bunga Acuan di Level 6,25 Persen

Sementara itu, pembiayaan syariah juga tumbuh tinggi sebesar 14,88 persen yoy, sementara kredit UMKM tumbuh sebesar 7,30 persen yoy.

“Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan kredit 2024 akan terus meningkat menuju batas atas kisaran prakiraan 10-12 persen,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News