Kolaborasi, Nasabah Bank DKI kini Bisa Setor dan Tarik Tunai di Jaringan ATM BCA

Kolaborasi, Nasabah Bank DKI kini Bisa Setor dan Tarik Tunai di Jaringan ATM BCA

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Bank Central Asia (BCA) menjalin kerja sama dengan Bank DKI dalam rangka memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI. Dengan kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat melakukan setoran dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA di manapun dalam waktu dekat.

Direktur BCA Santoso mengatakan, kebutuhan untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM masih terbilang tinggi karena tidak semua transaksi dilakukan secara digital. Selain memberikan layanan kepada nasabah BCA, jaringan ATM BCA juga dapat dimanfaatkan oleh bank atau institusi keuangan lain sesuai dengan ketersediaan fitur, layanan, dan kebutuhan.

“Kami menyambut baik kerja sama ini sebagai bagian dari upaya memberikan layanan terbaik, tidak hanya bagi nasabah BCA, tetapi juga nasabah dari bank lain, seperti Bank DKI. Dengan adanya kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat memanfaatkan 16.839 jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara untuk melakukan setoran dan penarikan dana tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Santoso dikutip, Senin, 26 September 2022.

Dia menambahkan, kolaborasi antara BCA dan Bank DKI menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan antar bank sesuai kebutuhan masing-masing pihak. Dengan saling melengkapi, baik BCA maupun Bank DKI menerima benefit dari efektivitas operasional sekaligus menawarkan opsi layanan terbaik kepada masing-masing nasabah.

Seperti diketahui, BCA memiliki dua jenis ATM, yaitu ATM Tarik Tunai dan ATM Multifungsi. Sesuai dengan jenisnya, layanan setor tunai tanpa kartu hanya dapat dilakukan pada ATM jenis multifungsi, sedangkan layanan tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan melalui ATM Tarik Tunai dan Multi fungsi. ATM setor dan tarik tunai dapat menerima denominasi uang pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu, dengan jumlah setoran maksimal 100 lembar. Dengan layanan setor tunai, saldo nasabah otomatis akan langsung efektif.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, mengapresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Bank DKI dan BCA dalam pemanfaatan jaringan ATM Setor Tarik (Cash Recycling Machine/CRM) BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI.

“Melalui layanan mobile cash, dalam waktu dekat ini nasabah Bank DKI dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai tanpa menggunakan kartu ATM melalui aplikasi JakOne Mobile. Implementasi Layanan digital mobile cash melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI tersebut juga merupakan perwujudan dari transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI. Ini adalah langkah adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital,” kata Amirul.

Kemudian, untuk kebutuhan setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA, nasabah Bank DKI harus melakukan permintaan (request) melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI. Dari permintaan tersebut, nasabah Bank DKI akan mendapat nomor identifikasi dan kode transaksi. Nasabah Bank DKI wajib menginput nomor identifikasi dan kode transaksi tersebut pada ATM BCA, sebelum akhirnya dapat menggunakan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu di CRM tersebut. (*) Irawati

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]