Kolaborasi Metaverse Berpotensi Dukung Transaksi Keuangan dan Perbankan

Kolaborasi Metaverse Berpotensi Dukung Transaksi Keuangan dan Perbankan

Kolaborasi Metaverse Berpotensi Dukung Transaksi Keuangan dan Perbankan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Melihat perkembangan digitalisasi yang semakin masif, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP), terus menggalakkan penggunaan pembayaran transaksi digital.

Tidak hanya pembayaran transaksi digital, perusahaan juga melihat adanya peluang terkait kolaborasi di era Metaverse dalam industri keuangan dan perbankan, dimana hal tersebut dibahas melalui sharing session forum Link Nataru 2022 yang diselenggarakan oleh Jalin.

Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Manager PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, Ery Punta Hendraswara, yang ditunjuk sebagai guest speaker melihat keberadaan Metaverse dalam mendukung pelayanan transaksi keuangan.

“Keberadaan Metaverse dalam peningkatan pelayanan transaksi keuangan dan perbankan di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar, khususnya seperti yang kita lihat maraknya bank-bank yang mulai beralih menjadi bank digital dengan menyediakan layanan-layanan digital baru bagi nasabah,” ucap Ery dalam keterengan resmi, dikutip Kamis, 22 Desember 2022.

Selain itu, ia juga memberikan pandangan terkait strategi jangka pendek dan jangka panjang dalam pemanfaatan metaverse bagi industri keuangan dan perbankan.

Untuk strategi dalam jangka pendek menurutnya adalah berfokus ke eksisting metaverses untuk mencari pelanggan potensial dan mencari target pelanggan baru, khususnya menyasar pada Generasi Z.

Adapun, untuk strategi jangka panjangnya adalah melakukan investasi untuk membangun dunia digital yang memperkenalkan produk dan layanan di dalam dunia metaverse dimana hal ini dapat meningkatkan digital customer experience selain produk dan layanan yang telah digunakan di dunia nyata.

Sebagai informasi, Jalin merupakan perusahaan yang menyediakan layanan terintegrasi di bidang teknologi sistem pembayaran masa kini dan juga perusahaan pengelola layanan jaringan switching LINK, serta memiliki market share terbesar di kategori produk Debit Switching GPN.

Hingga saat ini, Jalin telah tercatat memiliki lebih dari 38 member yang berasal dari industri perbankan dan fintech di tanah air, sejak didirikan pada tahun 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN), serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]