Kiprah Gibran Rakabuming, dari Penjual Martabak Hingga Dipilih jadi Cawapres Prabowo

Kiprah Gibran Rakabuming, dari Penjual Martabak Hingga Dipilih jadi Cawapres Prabowo

Jakarta – Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi ditetapkan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebelum berkecimpung di dunia politik, Gibran dikenal sebagai pengusaha sukses. Bahkan, dia pernah mengatakan tidak tertarik terjun ke dunia politik.

Namun, seiring berjalannya waktu, pandangannya terhadap dunia politik berubah. Menurutnya, melalui politik, dia bisa berbuat lebih banyak lagi dan bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Baca juga: Sah! Gibran Rakabuming jadi Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

Gibran Pengusaha Sukses

Bisnis Gibran Rakabuming
Gibran Rakabuming dikenal sebagai pengusaha sukses/istimewa

Pada 2010, Gibran yang baru menyelesaikan studi di Australia ini mulai membangun bisnis. Bisnis pertamanya adalah usaha katering yang diberinama Chili Pari.

Setahun berjalan, bisnis tersebut berkembang. Tak sekadar usaha katering, tetapi juga melayani wedding organizer, yakni jasa berbagai kebutuhan pesta, seperti gedung, dekorasi, rias pengantin, dan lainnya.

Masih di bidang kuliner, salah satu usaha kuliner Gibran yang sangat menyedot perhatian adalah Markobar alias Martabak Kota Barat. Usaha martabak ini dirintisnya pada 2015.

Sama halnya dengan katering, Markobar juga kini sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Pasalnya, Markobar sudah tersebar di sejumlah kota besar di Tanah Air.

Kemudian pada 2015, Gibran kembali melebarkan sayap bisnisnya di bidang kuliner. Kali ini, Gibran membuka resto makanan Italia bernama Pasta Buntel.

Setahun kemudian, Gibran mulai merambah bisnis baru di bidang elektronik. Dia membuka Icolor, yaitu usaha reparasi produk elektronik Apple yang kini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Ia juga membuat jas hujan bermerek “Tugas Negara Bos” yang dijual secara online di berbagai aplikasi e-commerce.

Usahanya di bidang bisnis terus berkembang hingga mendirikan bisnis kuliner “Mangkok Ku” bersama dengan adiknya, Kaesang Pangarep dan chef Arnold Poernomo.

Baca juga: Intip 10 Gurita Bisnis Gibran, Putra Sulung Jokowi yang Berpeluang jadi Cawapres

Rekam Jejak Gibran di Dunia Politik

Gibran Rakabuming dan Teguh Prakosa saat dilantik jadi Wali Kota dan Wakil Walikota Surakarta/istimewa

Untuk pertama kalinya, Gibran muncul di dunia politik Tanah Air pada kontestasi calon Wali Kota Surakarta 2020.

Gibran maju berpasangan dengan Teguh Prakosa, Sekretaris DPC PDI-P Solo. Pasangan ini mendapatkan dukungan dari Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar pada 9 Desember 2020, Gibran dan Teguh meraih kemenangan aklamasi dengan meraih 86 persen suara, jauh mengungguli lawannya.

Gibran dan Teguh dilantik pada 26 Februari 2021 sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo periode 2021–2024.

Gibran menjadi orang nomor satu di Kota Surakarta dengan usia yang terbilang masih muda, yakni 33 tahun.

Gibran Resmi jadi Cawapres Prabowo

Prabowo dan Gibran
Prabowo dan Gibran resmi mengumumkan sebagai pasangan bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024/istimewa

Hanya dua tahun menjabat Waki Kota Surakarta, Gibran Rakabuming kini resmi dipinang sebagai cawapres Prabowo di Pilpres 2024. Gibran diumumkan jadi cawapres Prabowo setelah mendapatkan dukungan dari  Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari partai pendukung yakni partai Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, Gelora, Partai Bulan Bintang yang dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-masing, kita berembuk secara final dan konsensus, sepakat mengusung Prabowo sebagai Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden,“ kata Prabowo dikutip 23 Oktober 2023.

Baca juga: Bagai Bumi dan Langit, Ini Perbandingan Kekayaan Prabowo dan Gibran

Prabowo mengatakan, pengumuman ini merupakan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia perihal siapa pendamping dirinya yang akan melenggang ke kontestasi Pilpres 2024.

“Saya kira ini adalah deklarasi yang saudara tunggu-tunggu. Ini sekaligus deklarasi yang kita sampaikan ke masyatakat umum,” pungkasnya.

Rencananya, pasangan Prabowo dan Gibran akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 25 Oktober 2023. (*)

Related Posts

News Update

Top News