Sah! Gibran Rakabuming jadi Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

Sah! Gibran Rakabuming jadi Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres 2024

Jakarta – Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto akhirnya mengumumkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya di Pilpres 2024.

“Baru saja Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari partai pendukung yakni partai Golkar, PAN, Demokrat, Gerindra, Gelora, Partai Bulan Bintang yang dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-masing, kita berembuk secara final dan konsensus, sepakat mengusung Prabowo sebagai Calon Presiden Koalisi Indonesia Maju dan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden,“ kata Prabowo usai rapat KIM, di Jakarta, Minggu, 22 Oktober 2023.

Baca juga: Jadi Calon Kuat Cawapres Prabowo, Segini Kekayaan Gibran Rakabuming

Prabowo mengatakan, pengumuman ini merupakan yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia perihal siapa pendamping dirinya yang akan melenggang ke kontestasi Pilpres 2024.

“Saya kira ini adalah deklarasi yang saudara tunggu-tunggu. Ini sekaligus deklarasi yang kita sampaikan ke masyatakat umum,” pungkasnya.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsy mengatakan, jika Gibran Rakabuming Raka mendampingi Prabowo Subianto akan membuat Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 akan lebih memudahkan Anies-Muhaimin untuk menang.

“Saya yakin (Pilpres 2024) akan semakin mudah,” ujarnya akhir pekan ini di RSPAD.

Rencananya, pasangan calon presiden Prabowo-Gibran akan mendeklarasikan pasangan Capres Cawapres ini besok Senin, (22/10). Kemudian pasangan ini juga akan mendaftarkan diri ke KPU sebagai peserta Pilpres pada Rabu (25/10).

Baca juga: Intip 10 Gurita Bisnis Gibran, Putra Sulung Jokowi yang Berpeluang jadi Cawapres

Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 Oktober 2023. 

Adapun, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) telah mendaftarkan diri sebagai peserta Pilpres 2024 pertama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (19/10).

Di hari yang sama, pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga telah mendaftarkan diri ke KPU. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News