Kini Transfer dan Tarik Tunai dengan QRIS Bisa Pakai Dompet Digital

Kini Transfer dan Tarik Tunai dengan QRIS Bisa Pakai Dompet Digital

Jakarta – Bank Indonesia (BI) meluncurkan fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS Tuntas. Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Arya Rangga Yogasati mengatakan fitur QRIS juga akan bisa digunakan pada nonbank atau dompet digital seperti DANA, Gopay dan OVO.

“Kalau selama ini cuma bisa tarik tunai di ATM menggunakan rekening bank, kebanyakan, bisa pakai non bank tapi sangat terbatas. Dengan QRIS Tuntas nanti mau itu punya rekening bank atau uang elektronik server based ada DANA, Gopay, OVO, itu nanti bisa tarik tunai di ATM,” ujar Arya dalam acara Sosialisasi QRIS Tuntas Jumat, 8 Desember 2023.

Namun, hal tersebut bisa dilakukan selama bank dan dompet digital tersebut sudah mengimplementasikan QRIS Tuntas. Misalnya saja, saat ini yang sudah tergabung, yaitu DANA. Sementara Shopee Pay dan Doku masih dalam tahap pengembangan sistem.

Baca juga: Jos! Volume Transaksi QRIS Tembus Rp1,6 Miliar, Lampaui Target 2023

“Setor tunai juga bisa dilakukan di mesin setor tunai yang ada di bank-bank, dengan melakukan scan yang prinsipnya sama dengan tarik tunai di ATM. Dan juga bisa via agen juga,” katanya.

Arya menambahkan, bahwa QRIS tuntas ini dapat menjangkau masyarakat yang berada di pelosok negeri dalam hal inklusi dan literasi keuangan.

“Jadi kadang masyarakat di pelosok, kalau mau menabung mereka kesulitan karena harus menempuh jarak yang jauh hanya ke ATM saja atau kantor cabang bank. Dengan QRIS TUNTAS ini harapannya bisa memperluas layanan pembayaran masyarakat. Prinsipnya sama tinggal datang ke agen,” imbuhnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News