Kereta Cepat Jakarta Bandung ‘Whoosh’ Diresmikan, Segini Harga dan Cara Pesan Tiketnya

Kereta Cepat Jakarta Bandung ‘Whoosh’ Diresmikan, Segini Harga dan Cara Pesan Tiketnya

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin, 2 Oktober 2023, meresmikan kereta cepat Jakarta Bandung atau kini dikenal dengan nama ‘Whoosh’ di Stasiun Halim Jakarta.

Artinya, masyarakat umum kini sudah bisa menikmati kereta cepat Jakarta Bandung yang memiliki trase sepanjang 142,3 kilometer (km) ini.

Dari bentangan jarak tersebut, terdapat empat stasiun pemberhentian kereta cepat Jakarta Bandung. Di antaranya Stasiun Halim, Karawang, Padalatang, dan Tegalluar. Setiap stasiun terintegrasi dengan moda transportasi massal di setiap daerah.

Adapun kecepatan kereta cepat Jakarta Bandung ini diklaim mencapai 350 km/jam. Tak ayal, jarak Jakarta – Bandung mampu dilahap hanya dalam waktu 45 menit saja.

Baca juga: Jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Begini Kata Jokowi Soal Harga Tiket

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung saat peresmian akan digratiskan bagi masyarakat umum.

“Saya kira belum akan bayar, karena butuh beberapa waktu lagi, biar rakyat yang menikmati lah,” ujar Luhut dikutip Senin, 2 Oktober 2023.  

Sementara, menurut Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung nantinya akan diberlakukan klasifikasi kelas. Adapun range harganya dibanderol berkisar Rp250 – Rp300 ribu per orang.

“Nanti ada kelas-kelasnya, premium ekonomi, bisnis, dan VIP,” ujar Adita.

Penetapan tarif tersebut merupakan kewenangan korporasi yang mengelola kereta cepat Jakarta Bandung ‘Whoosh’, yakni PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Baca juga: KAI Terima PMN Rp3,2 T untuk Proyek Kereta Cepat

Cara Pesan Tiket Kereta Jakarta Bandung

Masyarakat umum bisa memesan tiket kereta cepat Jakarta Bandung secara online. Caranya bisa mengakses Access by KAI. Berikut cara memesannya:

  1. Unduh aplikasi Access bu KAI di Play Store khusus pungguna Android dan Apps Store pengguna IOS
  2. Kemudian, lakukan login dengan memasukan email dan password. Apabila belum memiliki akun, Anda bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.
  3. Lalu, masuk dengan akun yang sudah dibuat atau dimiliki
  4. Langkah selanjutnya, pilih menu KCIC dan lakukan pemesanan.

Tapi sayangnya, berdasarkan pantauan Infobanknews, 2 Oktober 2023, menu KCIC yang terdapat pada aplikasi Access by KAI tersebut masih dalam status Coming Soon. (*)

Related Posts

News Update

Top News