Kawal Protokol Kesehatan, Menhub Minta Hindari Puncak Arus Balik Liburan

Kawal Protokol Kesehatan, Menhub Minta Hindari Puncak Arus Balik Liburan

Jakarta — Libur panjang menjadi momok tersendiri bagi semua pihak saat pandemi Covid-19 masih berlangsung. Demi keselamatan masyarakat, Menteri Perhubungan, Budi Karya meminta masyarakat mengawal protokol kesehatan  dan menghindari puncak arus balik libur panjang.

Budi Karya menyebut, dirinya melakukan sidak ke Stasiun Pasar Senen dalam rangka untuk memastikan bahwa libur panjang ini berlangsung dengan baik. “Apa dengan baik itu? Ada dua. Satu adalah masalah keselamatan, yang kedua adalah protokol kesehatan,” tuturnya di Jakarta, Kamis (29/10/2020).

Dia menegaskan telah meminta PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk melakukan penjagaan yang jauh lebih baik lagi, terutama terkait dengan protokol kesehatan dan menjaga jarak. “Apa yang terjadi di sini saya pikir baik, saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten melakukan protokol kesehatan,” pintanya.

Terkait dengan penerapan protokol kesehatan sendiri, pihak Kementerian Perhubungan akan proaktif melakukan pemantauan. Salah satu hal yang dilakukan adalah dengan membagikan masker kepada para penumpang.

“Berkaitan dengan mudik (arus balik liburan) kali ini, berjalan baik. Kemarin saya overview di Palimanan itu berlangsung dengan baik, hanya ada kemacetan (di) km 47 dan 57 dan kita membuat contra flow itu berjalan dengan baik. Hari ini lancar. (untuk transportasi) Udara, ada kenaikan kemarin kita bisa atasi dengan baik,” imbuh Budi Karya.

Sementara itu, dia menekankan, bahwa pemerintah mengimbau kepada dimas perhubungan dan polisi untuk melakukan random check terhadap jumlah penumpang bis. Sedangkan untuk mobil pribadi akan dilakukan pengecekan perihal kedisiplinan dalam menggunakan masker. 

“Pada saat nanti pulang, seyogyanya jangan tanggal 1, itu penuh sekali. Saya harapkan pulang lebih awal,” tandas Budi Karya. (*)

Related Posts

News Update

Top News