Kasus Meikarta Bikin Konsumen Pilih Apartemen Siap Huni

Kasus Meikarta Bikin Konsumen Pilih Apartemen Siap Huni

Jakarta – Konsultan properti Colliers International menyebut konsumen apartemen saat ini lebih memilih unit yang sudah dibangun alias siap huni. Senior Associate Director Research Colliers International Ferry Salanto mengatakan, kondisi ini terjadi karena kasus Apartemen Meikarta di mana para pembelinya mengeluhkan unit yang tak kunjung diserahkan sejak 2019.

“Belajar dari kasus ini (Meikarta), kita lihat bahwa memang pembeli itu sekarang cenderung ambil proyek-proyek yang sudah eksisting atau sudah ada. Semata-mata karena mereka merasa bahwa proyek ini lebih secure buat mereka,” ujar Ferry dalam Media Briefing Colliers, Rabu, 4 Januari 2023.

Ferry menambahkan, pembelian hunian yang siap ditempati memang harganya lebih mahal dibanding beli pada tahap awal. Namun, konsumen dengan bujet yang cukup tinggi cenderung lebih memilih hunian sudah jadi untuk menghindari risiko.

Selain itu menurutnya, mayoritas konsumen yang memilih hunian sudah jadi adalah end user atau pembeli hunian untuk langsung ditempati. Sedangkan untuk investor cenderung tidak memilih hunian sudah jadi karena akan mengurangi keuntungan saat menjualnya kembali.

“Investor kan yang dicari capital gain, kalau dia beli barang yang sudah jadi tentu kenaikan capital gain yang diharapkan juga enggak bisa setinggi kalau beli dari launching,” kata Ferry.

Sebagai informasi, Apartemen Meikarta di Cikarang, Bekasi menjadi sorotan setelah konsumennya berunjuk rasa karena hunian yang tak kunjung diserahkan. Sesuai dengan Penegasan dan persetujuan Pemesanan Unit (P3U) atau konfirmasi pemesanan, PT Mahkota Sentosa Utama (MSU) selaku pemilik proyek seharusnya melakukan serah terima unit apartemen pada pertengahan 2019 hingga 2020 kepada konsumen. Namun, hingga saat ini mayoritas pembeli belum menerima unit yang dijanjikan. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News