Jenius Ajak Masyarakat Membangun Rencana Finansial

Jenius Ajak Masyarakat Membangun Rencana Finansial

Jakarta – Jenius meluncurkan program #LangkahKecilHariIni yang dibuat khusus untuk mengajak masyarakat pengguna digital di Indonesia agar dapat merancang rencana dan pengelolaan keuangan lebih baik dalam langkah kecil di kehidupan sehari-hari.

Peluncuran program #LangkahKecilHariIni dihadiri Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN dan Adjie Santosoputro, Mindfulness Practitioner. Keduanya membagikan kisah mereka dalam memulai Langkah kecil yang membawa perubahan besar dalam hidup selama pandemi.

Waasi menyatakan, berpikir positif dan tetap bergerak maju merupakan Langkah kecil untuk bertahan di tengah kondisi pandemi. Selain itu, Waasi mewakili Jenius juga mengatakan pentingnya merencanakan setiap hal kecil termasuk hal finansial untuk menata kembali hidup ke arah yang lebih baik.

“Karena itu, Jenius meluncurkan program #LangkahKecilHariIni sebagai ajakan bagi masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka hari ini, esok, dan setiap harinya,” kata Waasi, 21 April 2022.

Dari survey yang diadakan oleh Jenius melalui akun Instagram mereka, 89% dari 256 responden menyatakan telah memiliki tujuan finansial. Mereka melakukan langkah kecil seperti menabung, investasi, dan membuat pos-pos pengeluaran sebagai bentuk konsistensi dalam menata kembali pengelolaan keuangan agar lebih baik.

Meskipun begitu, langkah kecil pasti tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan tujuan finansial. Masih dari survey yang sama diperoleh data mengenai tantangan yang dihadapi seperti adanya pengeluaran tidak terduga atau kebutuhan darudat, promo dan online shopping, jajan dan fear of missing out (FOMO), belum konsisten dan disiplin, dan adanya keinginan untuk jalan-jalan.

Maka dari itu Jenius merancang 3 pilar untuk membantu masyarakat memulai langkah kecil memperoleh tujuan finansial mereka. Dimulai dari life finance untuk menciptakan kebiasaan finansial yang baik. Kokreasi untuk belajar berbagai hal dan memiliki semangat berkoreasi. Serta berbagi inspirasi dalam memulai langkah kecil.

Menurut Adjie Santosoputro mengambil langkah kecil untuk mewujudkan kebiasaan dan kehidupan yang lebih baik merupakan sebuah keberanian. Saat seseorang berhasil mengambil langkah kecil dan mengapresiasinya, mereka akan terus termotivasi untuk mengambil langkah berikutnya hingga menjadi langkah besar dan semakin dekat dengan tujuan. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News