Ini Nih Software Pembukuan Bisnis Terandal

Ini Nih Software Pembukuan Bisnis Terandal

aviana
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Kegiatan pembukuan keuangan bisnis bisa lebih terbantu dengan adanya software pembukuan. Mengurus bisnis tentu tidak selamanya mudah, ditambah lagi dengan urusan keuangan yang harus dibukukan. Pada zaman sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, urusan pembukuan keuangan termasuk sebagai kegiatan yang rumit.

Jika keliru sedikit saja dalam pengisian data, maka hal tersebut bisa memberikan dampak yang cukup terasa bagi bisnis yang dijalankan. Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena sudah tersedia berbagai software akuntansi. Software tersebut nantinya bisa mempermudah kegiatan pembukuan dan membuat data jadi lebih aman.

Rekomendasi Software Pembukuan

Terbaik untuk Pebisnis

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah tersedia banyak software pembukuan yang dibuat khusus untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis. Keuntungan yang ditawarkan berbagai software tersebut pun cukup beragam, mulai dari fitur hingga harga layanannya. Software akuntansi umumnya terdiri dari 2 varian, yakni gratis dan berbayar.

Software akuntansi gratis maupun berbayar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda perlu mempertimbangkannya kembali sebelum menggunakan. Selain harga layanan, legalitas dari software yang dipilih juga turut diperhatikan. Berikut rekomendasi software akuntansi terbaik yang bisa membuat pengelolaan keuangan jadi lebih optimal.

1. Jurnal.id

Jurnal.id merupakan salah satu software pembukuan yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk membantu kegiatan Anda. Software ini memiliki fungsi untuk mengatur pembukuan agar menjadi lebih tertata.

Seperti yang dijelaskan di halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/pembukuan/, software ini cocok digunakan untuk pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) karena dapat digunakan untuk mengatur pembukuan di dalam usaha. Keuntungan yang diperoleh dalam menggunakan aplikasi ini yaitu penggunaannya yang mudah serta dapat mengelola segala macam bentuk pembukuan.

Bahkan, Anda juga dapat mengetahui stok barang yang ada di dalam gudang secara real time. Selain itu, Anda juga dapat membuat faktur hanya dalam satu aplikasi ini.

2. Quickbooks

Quickbooks merupakan suatu software yang dibuat khusus untuk bidang akuntansi. Software ini sudah banyak digunakan oleh pengusaha kecil hingga organisasi besar yang ada di seluruh dunia. Dalam proses penggunaannya, software ini dapat digunakan melalui Windows maupun Mac.

Dengan demikian software ini dapat membantu Anda dalam proses pembukuan dari bisnis yang sedang Anda kembangkan. Salah satu contohnya adalah dapat membantu mengelola dan menghitung pembayaran, laporan laba dan rugi,  tagihan, suatu fungsi penggajian, dan sebagainya.

Berbagai bentuk pembukuan yang rumit pun dapat Anda atasi dengan menggunakan software ini. Bahkan, Anda juga dapat menghubungkan rekening bisnis Anda dengan Quickbooks.

Aplikasi untuk pembukuan bisnis ini memiliki tampilan yang menarik dan sangat atraktif. Walaupun Anda masih pemula untuk menggunakan software ini, akan tetapi Anda dapat langsung memahami cara kerjanya dengan mudah.

3. Wave

Wave Accounting atau lebih dikenal dengan Wave merupakan software pembukuan yang dapat membantu bisnis Anda. Keunggulan yang diberikan pada aplikasi ini yaitu dapat mengelola pembukuan dengan berbagai jenis mata uang.

Penggunaan aplikasi ini ditujukan pada pribadi, pengusaha kecil maupun freelance. Software untuk pembukuan ini dapat Anda gunakan secara gratis tanpa menarik biaya sepeserpun. Sehingga Anda dapat membuat berbagai bentuk laporan pembukuan bisnis sesuai kebutuhan Anda.

Software ini dapat menyimpan data pembukuan Anda dengan aman karena dilengkapi dengan fitur backup otomatis. Keunikan yang ada di dalam software ini yaitu dapat menyuguhkan hingga 40 jenis profil bisnis, sehingga Anda tidak perlu mengkonfigurasikan pembukuan yang membingungkan secara manual.

4. osFinancials

osFinancials merupakan perangkat lunak gratis yang bisa Anda gunakan. Software ini mampu untuk membantu pengelolaan keuangan pada bisnis Anda menjadi lebih mudah. osFinancials menyediakan berbagai jenis pembukuan untuk memudahkan Anda.

Banyak sekali fitur yang dapat Anda peroleh pada software ini. Misalnya adalah ledger, journal entry, bank books, dan sebagainya. Dengan menggunakan software ini dengan benar, Anda akan merasakan kemudahan dalam mengatur pembukuan.

Kelebihan yang menonjol dari software ini adalah memiliki tampilan software yang sangat mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. Tidak sedikit pemula yang menggunakan software ini untuk melakukan pembukuan bisnisnya.

5. Freshbooks

Freshbooks adalah suatu perangkat lunak untuk bidang akuntansi yang dioperasikan oleh 2ndSite Inc. Software ini diperuntukkan untuk pengusaha dengan bisnis yang kecil dan menengah atau UKM. Perangkat lunak untuk pembukuan ini dapat diakses secara online melalui sebuah website.

Perangkat lunak ini dapat membuat pelaporan keuangan atau pembukuan bisnis Anda dengan mudah dan cepat. Semua data keuangan yang telah dihitung pada pembukuan software ini dapat disimpan di cloud. Dengan disimpan di cloud, pengguna dapat mengakses pembukuan tanpa khawatir akan data yang hilang.

Di dalam software ini, bukan hanya pemilik bisnis saja yang dapat mengakses pembukuan tersebut. Akan tetapi klien serta orang-orang terpenting Anda juga dapat mengakses pembukuan yang Anda miliki.

6. GNUCash

GNUCash merupakan software pembukuan yang dapat Anda akses secara gratis. Banyak sekali fitur pembukuan yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan software ini. Misalnya adalah arus keuangan, laporan keuangan, kas, transaksi keuangan yang terjadwal, dan yang lain sebagainya.

Kehebatan yang dimiliki oleh software ini adalah memiliki sistem double entry. Dalam artian transaksi yang dilakukan di dalamnya dapat dilakukan dengan menggunakan minimal dua akun. Pengunduhan dan penginstalan dari software ini sangatlah mudah. Anda dapat memperolehnya melalui Linux, Mac ataupun Windows.

7. SAP

SAP merupakan singkatan dari System Application and Processing. Perangkat lunak ini ditujukan untuk mendukung kegiatan operasional misalnya pembukuan dalam sebuah bisnis. SAP akan mengintegrasikan semua bagian pada bisnis Anda sehingga dapat memenuhi target bisnis.

Keuntungan yang dapat Anda peroleh apabila melakukan pembukuan dengan software ini adalah real time processing. Artinya aplikasi ini akan selalu memperbarui secara otomatis segala bentuk pembaharuan dalam pembukuan yang telah Anda kelola. Dengan ini, pembukuan Anda akan selalu terupdate dengan baik.

8. TurboCash

TurboCash adalah software pembukuan yang juga patut untuk Anda jadikan referensi dan rekomendasi. Software untuk melakukan pembukuan ini memiliki dua jenis yaitu TurboCash4 dan TurboCash5. TurboCash5 merupakan software yang berbayar sedangkan TurboCash4 dapat diperoleh dan digunakan secara gratis.

Banyak sekali fitur pembukuan yang dapat Anda peroleh dari software ini. Misalnya adalah multi pengguna, akses kontrol, invoice, report and analysis dan yang lain sebagainya.

9. Zipbooks

Zipbooks adalah perangkat lunak yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda pada proses penagihan. Pembukuan bisnis ini dapat Anda catat dan kelola dengan mudah melalui sebuah perangkat lunak. Software untuk mengelola pembukuan ini dapat Anda akses secara gratis tanpa biaya sedikitpun.

Pembukuan yang Anda lakukan dengan menggunakan software ini dapat diproses secara cepat dan otomatis. Hasil yang diberikan pada pembukuan software ini juga sudah lagi tidak perlu untuk diragukan akan keakuratannya.

10. EQUIP

EQUIP merupakan software pembukuan yang berasal dari Singapura. Software ini memiliki fitur multi user management. Sehingga jumlah pengguna dari software ini tidak terbatas. Mengelola pembukuan dengan menggunakan software ini akan menjadi lebih inovatif dan dapat dikonfigurasikan.

Software ini akan menghasilkan laporan keuangan dan pembukuan yang komprehensif. Kelebihan lain yang dimiliki perangkat lunak ini yaitu telah berjalan dengan berbasis cloud dan ramah untuk digunakan. Tentunya software ini sangat mudah untuk digunakan dan dapat diakses kapanpun sesuai keinginan Anda.

11. SlickPie

SlickPie adalah software yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur keuangan bisnis dan pembukuan bisnis Anda. Pembukuan Anda akan menjadi lebih mudah karena software ini memiliki fitur magic bot. Dimana fitur ini akan membantu Anda untuk menerima data secara otomatis.

Tampilan dari software pembukuan satu ini sangatlah interface. Anda dapat melakukan pembukuan dengan mudah karena software ini cukup mudah dipahami dan diaplikasikan. Hal inilah yang membuat perangkat lunak ini dijadikan sebagai bentuk rekomendasi untuk membantu mengelola pembukuan.

Keuntungan Menggunakan Software Pembukuan untuk Bisnis

Software pembukuan mampu memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah membuat pengelolaan keuangan bisnis jadi lebih mudah. Selain itu, masih tersedia manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika memutuskan untuk menggunakan software akuntansi. Berikut ulasan lengkapnya:

● Menghemat Waktu dan Biaya

Software akuntansi dapat membuat proses pengelolaan data keuangan bisnis jadi lebih cepat dan hemat jika dibandingkan dengan proses manual. Berkat teknologi canggih yang digunakan software akuntansi bisa menyelesaikan pekerjaan pendataan tersebut dalam waktu yang singkat. Hanya dalam hitungan menit, Anda sudah bisa menyelesaikan proses pembukuan keuangan bisnis.

Selain itu, inovasi terbaru ini juga bisa lebih menghemat biaya operasional, karena laporan yang dihasilkan bersifat digital. Dengan demikian anggaran operasional yang diperuntukan untuk membeli kertas dan lainnya bisa lebih berkurang. Tidak hanya itu, laporan digital juga bisa lebih mudah diakses dan dibagikan (jika diperlukan), sehingga lebih praktis.

● Data Aman dan Akurat

Data manual yang menggunakan sistem kertas umumnya mudah hilang, entah karena kekeliruan pengelola, maupun musibah yang menimpa tempat usaha. Namun dengan software pembukuan, risiko data hilang jadi lebih minim, karena software menggunakan sistem Cloud.

Sistem ini memungkinkan data langsung tersimpan di perangkat yang digunakan, sehingga lebih aman. Software akuntansi juga bisa memproses data secara otomatis, sehingga data yang dihasilkan bisa lebih akurat dan tepat waktu.

● Software Pembukuan Dapat Meminimalisir Kekeliruan

Mengingat data keuangan yang sarat akan angka tentu tidak jarang membingungkan pengelola dan berujung pada kekeliruan pengisian laporan. Kekeliruan pengelola data saat mengisi data tentu bisa memberikan dampak buruk pada bisnis yang dijalankan.

Untuk menghindari kekeliruan dan kerugian, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi. Berbeda dengan sistem manual, software akuntansi mampu mengelola data secara otomatis dan terperinci, sehingga lebih minim kekeliruan.

● Informasi Terbaru Lebih Mudah Didapat

Informasi terbaru mengenai bisnis yang dijalankan jadi lebih mudah didapat, karena software akuntansi umumnya menggunakan sistem Cloud. Sistem ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi terbaru secara lebih cepat dan mudah. data realtime bisa Anda dapatkan tanpa perlu menunggu informasi dari karyawan, karena sudah bisa diakses melalui smartphone maupun PC.

● Mempermudah Pengelolaan Pajak dengan Software Pembukuan

Selain beberapa manfaat tersebut, software akuntansi juga sangat bermanfaat bagi urusan pajak bisnis. dengan kemudahan ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengumpulkan data untuk mengajukan formulir pajak penting, seperti PPh-23.

Pada dasarnya, software akuntansi dapat memberikan banyak manfaat dan sangat direkomendasikan untuk dipakai dalam bisnis Anda. namun, perhatikan juga keamanan serta kelengkapan fitur software yang dipilih, agar proses pengelolaan data jadi lebih mudah dan aman. Selain itu, Anda bisa menyesuaikan jenis software yang digunakan dengan dana yang disiapkan. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]