Ini Kumpulan Istilah Investasi Crypto yang Perlu Diketahui

Ini Kumpulan Istilah Investasi Crypto yang Perlu Diketahui

Beberapa tahun belakangan mata uang kripto atau cryptocurrency makin booming sebagai salah satu aset investasi. Singkatnya, banyak para investor yang sudah berpengalaman dan bahkan para pemula memilih untuk beralih ke aset digital ini. Sama seperti produk investasi lainnya, dalam memiliki atau membeli produk crypto juga memerlukan beberapa strategi agar tak salah langkah.

Pada praktiknya, cryptocurrency atau mata uang crypto ini dikembangkan menggunakan teknologi enkripsi dan hanya dapat digunakan untuk bertransaksi secara digital dengan sistem peer to peer. Maka dari itu, sebelum memulai berinvestasi di crypto, ada baiknya Kita perlu mengetahui berbagai hal penting, salah satu caranya adalah dengan mengakses info crypto di Pluang.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa istilah yang kerap digunakan pada saat bertransaksi crypto. Nah, agar tak kebingungan dan salah strategi investasi, berikut kumpulan istilah investasi crypto yang wajib Anda ketahui.

Cryptocurrency

Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah uang digital yang dibuat dan terdesentralisasi menggunakan teknologi blockchain. Dengan teknologi tersebut, cryptocurrency dapat diperjualbelikan menggunakan mekanisme peer-to-peer.

Bagaimana cara transaksi peer to peer bekerja? Mata uang kripto akan diperdagangkan dan berpindah tangan antara satu pengguna dan pengguna lainnya tanpa ada campur tangan dari pihak ketiga, seperti lembaga keuangan atau bank.

Cryptocurrency terdiri dari mata uang yang beragam, contohnya yang paling pertama diciptakan adalah Bitcoin, hingga koin alternatif yang dikenal dengan istilah altcoin seperti Etherium dan lainnya. 

Blockchain

Blockchain adalah istilah penting dalam dunia cryptocurrency. Secara pengertian, blockchain adalah teknologi baru yang berfungsi sebagai media penyimpanan data digital yang aman dan terbuka dari mata uang kripto. Jika diibaratkan, blockchain layaknya seperti kumpulan informasi yang disimpan dalam buku yang mencatat setiap data transaksi dan bisa diakses oleh siapa pun.

Selain itu, kamu juga perlu paham bahwa tidak ada rumus pakem dalam melaksanakan trading. Kamu bisa melakukan berbagai gaya trading sampai kamu menemukan satu gaya yang kamu gemari. Nah, gaya trading cryptocurrency sendiri sama seperti trading aset lain pada umumnya, yang terdiri dari: 

Trading

Trading produk crypto adalah kegiatan jual beli dari produk mata uang kripto. Ada beberapa istilah trading yang biasa digunakan saat berbicara mengenai cryptocurrency, yaitu day trading, swing trading, trend trading, dan scalping trading.

Day trading dilakukan dengan investor menjual atau membeli aset kripto dengan melihat pergerakan aset di hari yang sama. Swing trading adalah jenis trading yang mempertahankan nilai aset lebih dari satu hari dan menjualnya kemudian dengan pertimbangan tertentu seperti analisis teknikal.

Lalu, trend trading adalah kegiatan jual-beli dengan mempertahankan aset kripto dalam waktu yang lama hingga berbulan-bulan dan membeli aset pada saat tren aset kripto tersebut mengalami kenaikan harga dengan dukungan analisis fundamental.

Terakhir, scalping trading, yaitu istilah yang disematkan pada perilaku trader yang mengacu pada pergerakan harga sedikitpun dengan mengutamakan prinsip yang penting dapat untung. 

NFT

Istilah terkini dari mata uang kripto adalah NFT atau Non-Fungible Token. Singkatnya, NFT dapat diartikan sebagai karya digital yang menunjukkan kepemilikan setiap karya sehingga tidak bisa diduplikat oleh pihak lain. NFT menyerupai sertifikat digital kepemilikan dalam bentuk aset video, musik, gambar, foto, avatar, nama, dan sebagainya.

Nah, itu lah kira-kira istilah kripto yang mungkin bisa membantu Anda sebelum mulai berinvestasi di dunia cryptocurrency. Istilah ini akan membantu Anda yang ingin melakukan trading maupun mendapatkan income pasif dari bertransaksi di dunia crypto. (*)

Related Posts

News Update

Top News